alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Pelaku Pembunuhan Janda di Mojowangi Divonis 13 Tahun Penjara

12 Januari 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

ilustrasi hukum

ilustrasi hukum

Share this      

JOMBANG – Sidang lanjutan kasus pembunuhan terhadap Siti Rukayah, 35,  janda dengan gangguan jiwa asal Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno kemarin digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jombang. Hakim menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Tri Pahlawan Satria penjara 13 tahun.

”Benar hari ini agendanya sidang putusan. Majelis Hakim memutuskan vonis hukuman untuk terdakwa 13 tahun penjara,” terang Aldi Demas Akira, Kasubsi Penuntutan Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jombang.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyebut terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti menghilangkan nyawa Siti Rukayah setelah sebelumnya memperkosanya terlebih dahulu.

 Demas juga menyebut, menurut majelis hakim, pasal yang terbukti dalam persidangan adalah Pasal 338 KUHP dan Pasal 285 KUHP. ”Jadi konstruksinya sudah sama dengan tuntutan yang kami berikan kemarin, kendati untuk penuntutan kita ambil maksimal 15 tahun, ternyata vonisnya 13 tahun,” ungkapnya.

Atas putusan itu, baik terdakwa maupun JPU menyatakan diri pikir-pikir. ”Masih punya waktu hingga tujuh hari ke depan untuk menyatakan tanggapannya atas putusan majelis hakim,” bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Siti Rukayah, 35,  janda dengan gangguan jiwa asal Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno ditemukan tewas di kebun tak jauh dari sebuah minimarket di Desa Mojowangi, 16 Mei 2020 lalu. Saat ditemukan, kondisi korban mengalami luka parah khususnya di bagian kepala belakang.

Dari hasil penyelidikan, polisi berhasil meringkusTri Pahlawan Satria, salah satu kuli batu yang tega menghabisi nyawa korban. Bahkan sebelumnya pelaku tega mencabuli korban lebih dahulu.

Kepada petugas, dia mengakui telah menganiaya korban hingga tewas. Alasannya, korban berteriak saat dicabuli pelaku.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP