alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Tiga Pengedar Incar Anak-Anak

07 Januari 2021, 08: 35: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Tiga pemuda mengedarkan ribuan butir pil koplo diamankan oleh petugas di Mapolsek Mojowarno.

Tiga pemuda mengedarkan ribuan butir pil koplo diamankan oleh petugas di Mapolsek Mojowarno.

Share this      

JOMBANG – Tiga pemuda harus mendekam di balik jeruji besi. Ini setelah mereka terbukti mengedarkan ribuan butir pil koplo sejak lama. Ironisnya, sasaran pengedar ini mulai menyasar kalangan anak-anak sampai remaja.

“Mereka menjual ke beberapa pemuda desa, dengan pasaran harga yang bisa dijangkau anak-anak dan remaja,” kata  Kapolsek Mojowarno AKP Yogas.

Mereka adalah Garry Purnomo 26 dan Yoyok, 24, warga Desa Mojojejer, Kecamatan Mojowarno, serta Ade Irawan, 32, warga Desa Bandung, Kecamatan Diwek. Ketiganya ditangkap di tempat berbeda, Selasa kemarin (5/1).

Dari tangan tersangka, petugas menyita ribuan butir pil koplo siap edar. Untuk mengelabui petugas, pil koplo dalam kemasan klip tersebut dimasukkan ke dalam bungkus rokok bekas. Ia menyebut, pengedaran pil ini dilakukan dari desa ke desa. Sasarannya, pemuda desa dan anak-anak.

Lantaran sasaran anak-anak, lanjutnya, maka harganya cukup terjangkau. Untuk satu paket hemat 10 butir pil koplo, dijual seharga Rp 25 ribu. “Satu klip isi 10 butir itu Rp 25 ribu,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, ketiganya mengaku baru menjalankan bisnis haram tersebut. “Pengakuannya masih 1 tahun,” imbuh Yogas. Kini, ketiganya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena melanggar Undang Undang dengan ancaman hukuman 12 tahun kurungan penjara. “Tersangka dijerat pasal 196 Undang Undang 36/2009 tentang Kesehatan,” pungkasnya.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP