alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
Bekali Siswa Kemampuan Entrepeneur

SMAN Bandarkedungmulyo Wujudkan Sekolah Ketahanan Pangan

Ajarkan Budidaya Lele dalam Drum

06 Januari 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Penyampaian santunan anak yatim/piatu oleh Drs Bachtiar Rochman MM Kepala SMAN Bandarkedungmulyo .

Penyampaian santunan anak yatim/piatu oleh Drs Bachtiar Rochman MM Kepala SMAN Bandarkedungmulyo . (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - SMAN Bandarkedungmulyo tak hanya membekali siswa dengan kemampuan akademik dan non akademi. Lebih dari itu, ada program baru, yakni program Sekolah Ketahanan Pangan. Diharapkan siswa terinspirasi dan mempunyai kreativitas melaksanakan kegiatan produktif di rumah masing-masing.

Drs Bachtiar Rochman MM Kepala SMAN Bandarkedungmulyo menjelaskan, program Sekolah Ketahanan Pangan diadakan untuk membekali siswa kemampuan berwirausaha. Dengan mengembangkan budidaya ikan lele di dalam drum yang dipadukan dengan tumpangsari penanaman sayur. Baik sawi maupun kangkung di dalam gelas yang diletakkan menempel di atas permukaan air drum.

”Kami berharap mereka punya bekal untuk berwirausaha,’’ ujarnya. Program ini disambut baik para siswa. Mereka sangat antusias mengikuti pembelajaran yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah. ”Antusias mereka ingin belajar luar biasa. Karena ini kegiatan yang menarik,’’ tambahnya serius.

Penanaman 6.300 pohon secara simbolis oleh Danramil Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Penanaman 6.300 pohon secara simbolis oleh Danramil Kecamatan Bandarkedungmulyo. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Bachtiar lantas menjelaskan, kegiatan budidaya ikan dalam drum tersebut cukup mudah dengan memanfaatkan bahan sederhana seperti drum plastik, kawat, paralon, 1 buah keni, satu pasang sock drat, selotif dan 10 gelas plastik ukuran diameter 9 sentimeter untuk menampung tanaman.

”Apabila perawatan baik, dalam kurun waktu 80-90 hari, lele siap dipanen dengan estimasi 1 kilogram berisi 12-14 ekor,” pungkasnya.

Terkait ini SMAN Bandarkedungmulyo juga menyiapkan video Program Ketahanan pangan SMAN Bandarkedungmulyo dalam link: https://www.youtube.com/watch?v=3Da8PzNaeMs.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP