alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Senen Kepala BKDPP Jombang

Pelopor Event Tahunan Kenduren Wonosalam

03 Januari 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Senen Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang

Senen Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Namanya singkat. Senen Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD-PP) Jombang. Sederet penghargaan pernah diraihnya. Termasuk camat berprestasi dari Gubernur Jatim Seokarwo. Ia juga pelopor event tahunan Kenduri Wonosalam yang kini menasional.

Senen lahir di Kediri, 19 Juni 1971 dari pasangan Kusmap dan Tukinah. Sama seperti anak kecil umumnya, ia dibesarkan di kampung halaman. Senen mengawali pendidikan di SDN Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri lulus 1984. Kemudian SMPN Semen lulus 1987 dan SMAN 5 Kediri lulus 1990. ”Saya dibesarkan di Kediri oleh nenek. Saya memang ikut nenek sejak usia dua tahun,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Awalmula sekolah, ia bercita-cita menjadi seorang anggota TNI. Ia berencana mendaftar TNI setelah lulus SMA. Namun, niatnya batal lantaran mendapat tawaran sekolah gratis di STPDN (Sekarang IPDN, Red) Jatinangor Bandung. ”Kemudian saya mendaftar mengambil jurusan D3 Pemerintahan,’’ tambah Senen.

Setelah lulus, Senen kemudian ditempatkan di Unit Pegawaian (UP) di Jombang 1993. Dua tahun setelah itu, ia diangkat menjadi Kepala urusan pemerintahan Kecamatan Jombang 1995-1996. ”Setelah itu, saya izin untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Brawijaya Malang jurusan administrasi pemerintahan dan lulus 1998,’’ tambahnya.

Perjalanan karir Senen terus berjalan. Setelah merampungkan program sarjana, ia ditempatkan di Bagian Pemerintahan Desa. Setahun kemudia ia diangkat menjadi Kasubag Otonomi Daerah 1999. ”Sampai dengan tahun 2003, saya kemudian di mutasi ke Sekcam Ploso,’’ kenang suami Siska Utami ini.

Di Kecamatan Ploso, Senen cukup lama menjabat. Baru pada 2007 ia dipindah menjadi Sekcam Mojoagung. ”Kemudian 2009 saya diangkat menjadi Camat Wonosalam pada masa Bupati Suyanto,’’ terangnya. Saat menjabat Camat Wonosalam itulah dirinya pernah meraih prestasi bergengsi. Camat berprestasi tingkat Jawa Timur dalam lomba camat teladan dan lomba integritas tingkat Provinsi Jawa Timur.

Lebih dari itu, sebagai Camat Wonosalam, ia juga yang menjadi pelopor digelarnya event Kenduri Wonosalam. Namun, pada 2012 ia dimutasi menjadi Camat Mojoagung sampai 2016. ”Baru 2017 saya dipercaya menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak setelah lolos assesmen pada masa kepemimpinan pak Setiajit,’’ papar dia.

Setahun kemudian, ia ditempatkan di BKD-PP sampai dengan sekarang. Dalam kehidupan pribadinya, Senen sudah dikaruni dua anak, buah pernikahannya dengan Siska Utami yang berasal dari Tembelang Jombang.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP