alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Kubah dari Kendil dan Tumbak

01 Januari 2021, 07: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Bagian dalam Masjid Baitus Sujud.

Bagian dalam Masjid Baitus Sujud.

Share this      

JOMBANG - Kubah Masjid Baitus Sujud terlihat unik. Terbuat dari kendil dan di atasnya meruncing seperti tumbak. Untuk mempertahankan bentuk kubah itu, tak pernah diubah sampai sekarang.

’’Kubahnya memang kecil, itu kendil dan seperti tumbak kecil karena di atasnya runcing,’’ kata M Yusuf Bahrur Rozin lagi. Dijelaskan, kubah bagian permukaan dilapisi semen. Baik kendil maupun tumbaknya. ’’Mungkin karena itu sehingga jadi awet, ada lapisan semen. Sampai sekarang masih tetap asli,’’ paparnya.

Pihak pengurus juga tak berani melakukan perbaikan. ’’Masih kubah lama,’’ sambung dia. Tidak hanya itu, tongkat yang biasa digunakan duntuk khutbah juga dipertahankan sampai sekarang.

Hanya saja, saat ini sudah tak difungsikan. Yusuf sendiri sengaja menyimpan di rumah. Terbuat dari kayu dengan beberapa ukiran bagian atas dan bawah. Meski bagian bawah sudah keropos. ’’Ini juga masih asli,’’ terang dia.

Seperti halnya masjid tua lain, masjid ini juga sempat memanfaatkan jam istiwak cukup lama. Atau masyarakat biasa menyebut bencet. ’’Tempatnya di depan, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Dipakai kamar mandi,’’ terangnya.

Disampaikan, jam istiwak dibongkar 2008 silam. Penggunaan jam istiwak terakhir dilakukan sekitar 1990. ’’ Jadi waktu itu pakde saya tidak percaya jam, akhirnya setiap mau salat duhur pasti pakai bencet. Karena sudah dibongkar, maka sekarang tidak ada lagi,’’ pungkas Yusuf.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP