alexametrics
Selasa, 22 Jun 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Jangan Pernah Berhenti Berjuang

13 Desember 2020, 07: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PENDETA GPdI House of Prayer Sawahan, Jombang, Petrus Harianto STh

PENDETA GPdI House of Prayer Sawahan, Jombang, Petrus Harianto STh

Share this      

Pendeta GPdI House of Prayer Sawahan, Jombang, Petrus Harianto STh, menyampaikan renungan menarik, kemarin. Terutama tentang pentingnya terus berjuang. ’’Kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup. Juru selamat semua manusia, terutama mereka yang percaya,’’ tuturnya mengutip surat 1 Timotius 4:10.

Pendeta Petrus Harianto mengatakan, tidak ada keberhasilan atau kesuksesan tanpa adanya perjuangan. ’’Pernyataan bahwa hidup adalah perjuangan memang benar adanya,’’ ucapnya. Itulah realita kehidupan yang pasti dihadapi setiap manusia. Seperti dikatakan oleh kitab Ayub 7:1. ’’Bukankah manusia harus bergumul di bumi, dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan?’’

Alkitab telah menyatakan, manusia harus bergumul di bumi dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan. Dalam Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) Ayub 7:1 berbunyi demikian: "Manusia itu seperti dipaksa berjuang; hidupnya berat seperti hidup seorang upahan."

Baca juga: Tanyakan Penanganan Isolasi Mandiri Bagi Pasien Positif Covid - 19

Artinya, setiap hari kita dihadapkan pada pergumulan demi pergumulan yang tidak ringan. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan perjuangan. Karena tidak ada keberhasilan atau kesuksesan yang datang secara tiba-tiba turun dari langit. Semuanya melalui proses yang panjang.

Bagi mereka yang memiliki cita-cita atau impian besar, mustahil dapat meraihnya jika hanya bermalas-malasan atau berpangku tangan saja.

Thomas Alfa Edison penemu terbesar di dunia. Bola lampu adalah salah satu hasil temuannya. Sehingga semua manusia di muka bumi ini dapat menikmatinya. Ia orang yang pantang menyerah.

Tidak pernah berhenti berjuang meski harus mengalami kegagalan ribuan kali saat melakukan eksperimen. Dan karena kegigihannya ini Thomas Alfa Edison disebut sebagai penemu yang paling produktif dalam sejarah kehidupan manusia.

Ia menyatakan, kunci keberhasilan bukan semata-mata ditentukan oleh tingkat kecerdasan atau kejeniusan seseorang. Tapi faktor terbesar yang menunjang keberhasilan seseorang adalah kerja keras dan tidak berhenti berjuang.

Rasul Paulus pernah menasehatkan pada Timotius, anak rohaninya yang masih muda. Sebagaimana tertulis dalam surat 1 Timotius 4:10. "Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup. Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya."

Demikian juga tentunya bagi kita semua. Jangan pernah berhenti berjuang. Sebab itu adalah kehendak Allah, ada saatnya kita akan meraih keberhasilan. Lalu, kita harus berjuang dalam hal apa? Berjuanglah menghadapi masalah atau penderitaan yang sedang kita hadapi dalam kehidupan ini.

Selama kaki kita masih berpijak di atas muka bumi ini, sampai kapan pun kita tidak dapat menghindarkan diri dari masalah, kesukaran atau penderitaan hidup.

Meski demikian, kita tidak perlu berkecil hati dan berputus asa. Karena kita punya Tuhan yang sangat peduli dan mengerti. Yang berjanji tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita sendiri.

Seperti tertulis di Ibrani 13:5. Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.

Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau, dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau. Bahkan sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu." (Yesaya 46:4a).

Itulah janji Tuhan bagi umat-Nya. ’’Tidak ada yang terlalu sukar bagi Tuhan, karena itu jalanilah hidup dengan iman dan jangan pernah berhenti berjuang! Tuhan Yesus memberkati,’’ pungkasnya.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP