alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Grand Final Guk Yuk Jombang 2020 Meriah

Lahirkan Promotor Wisata Jombang

07 Desember 2020, 19: 26: 30 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jombang Hari Purnomo memberikan hadiah kepada pemenang.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jombang Hari Purnomo memberikan hadiah kepada pemenang. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Grand final pemilihan duta wisata Guk dan Yuk Jombang 2020 berlangsung lancar, Sabtu (5/12) malam. Dari 15 besar finalis Guk dan Yuk, dewan juri menentukan Yogiswara Putra Wirawan sebagai Juara 1 Guk Jombang dan Yustin Winar Apriliani sebagai Juara 1 Yuk Jombang 2020.

Acara yang bertmpat di Gedung Bung Tomo tersebut menerapkan prokes secara ketat. Setiap tamu undangan dan peserta yang masuk melewati pengecekan suhu tubuh.

Panitia juga mewajibkan tamu, peserta mengenakan masker dan duduk berjarak.

Baca juga: STIE PGRI Dewantara Komitmen Dukung Pengembangan BUMDes

SELAMAT: Guk dan Yuk Jombang 2020 terpilih mendapat apresiasi dari Sekdakab Akhmad Jazuli kemarin.

SELAMAT: Guk dan Yuk Jombang 2020 terpilih mendapat apresiasi dari Sekdakab Akhmad Jazuli kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Akhmad Jazuli, Ketua TP PKK Jombang Wiwin Isnawati, Jufri Asisten II, Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jombang Hari Purnomo, Kepala Disdagrin Bambang Nurwijanto, Kepala Dinas P dan K Agus Purnomo serta sejumlah kepala OPD lain.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jombang Hari Purnomo menyampaikan, tujuan diadakan pemilihan duta wisata Guk dan Yuk Jombang 2020 ini untuk menjaring potensi diri pemuda dan pemudi yang siap berkompetisi untuk menampilkan diri secara utuh, baik kecerdasan intelektual, perilaku, keberanian maupun keindahan penampilan.

”Harapan kami dengan pemilihan duta wisata Guk dan Yuk Jombang ini dapat mengikutkan mereka pada pemilihan Raka dan Raki Jawa Timur 2021,’’ ujar dia.

Dijelaskan, pendaftaran peserta Guk dan Yuk 2020 sudah dimulai sejak 12 – 31 Oktober lalu. Total sebanyak 101 peserta mendaftar. Sebanyak 46 di antaranya mendaftar Guk dan 55 Yuk. Selanjutnya keseluruhan mengikuti uji potensi dan talenta.

Dalam prosesnya, hanya diambil 15 besar pasangan Guk dan Yuk. ”Adapun pembekalan kami laksanakan selama 3 hari pada tanggal 17 – 19 November di Horison Yusro Hotel dengan materi english for tourism, etika dan kepribadian, modelling dan catwalk, tata rias dan make up, budaya dan pariwisata serta farm trip,’’ jelas dia.

Kemudian, lanjut dia, grand final yang diikuti 15 pasangan guk dan Yuk berlangsung lancar di Sabtu (5/12) malam.

Ada lima juri profesional yang melakukan penilaian para finalis. ”Adapun tiga kriteria penilaian yakni behaviour (perilaku), brain yakni kecerdasan intelektual dan beauty yakni keindahan penampilan,’’ terangnya.

Sementara itu, Sekdakab Akhmad Jazuli menyampaikan Pemerintah Kabupaten sangat mendukung pelaksanaan ajang pemilihan Guk dan Yuk Jombang.

Menurutnya, untuk mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan, diperlukan SDM yang berkualitas, sehingga dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan.

”Ajang pemilihan Guk dan Yuk bukan sekedar mencari keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan semata, tapi sekaligus mencari pemuda dan pemudi Jombang yang berbakat, memiliki kompetensi kecerdasan, jiwa sosial, kreativitas, ketrampilan, dan memiliki wawasan seni budaya, kepariwisataan yang ada di Kabupaten Jombang, sehingga dapat membangun dan mengembangkan kepariwisataan yang lebih maju, termasuk pemahaman yang baik terhadap kearifan lokal Kabupaten Jombang,’’ papar dia.

Dia menambahkan, Guk dan Yuk hendaknya menjadi teladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata.

”Dengan terpilihnya Guk Yuk Jombang dapat dijadikan sebagai mitra pemerintah daerah dalam bertukar pikiran dan berkarya dalam pengembangan kepariwisataan.

Untuk itu, melalui ajang ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menjadi duta pariwisata dan budaya Kabupaten Jombang,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP