alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Wabup Sumrambah Dampingi Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya

ke Tebuireng dan Tambakberas

01 Desember 2020, 09: 06: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Wabup Sumrambah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto dan Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz, berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid, kemarin.

Wabup Sumrambah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto dan Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz, berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid, kemarin. (Humas Protokol for Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Wakil bupati (Wabup) Sumrambah mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto ke Tebuireng dan Tambakberas, kemarin.

Di Tebuireng, ketiganya silaturahmi dengan pengasuh Pesantren Tebuireng KH  Abdul Hakim Mahfudz serta ziarah ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid. 

Sementara di Tambakberas, ketiganya diterima Ketua Majelis Pengasuh KH Hasib Wahab, KH Ahmad Hasan dan Ketua Yayasan PPBU KH Wafiyul Ahdi. Selama di Tambakberas, rombongan juga ziarah ke makam pahlawan nasional KH Wahab Chasbullah.

Wabup Sumrambah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas KH Hasib Wahab di makam KH Wahab Chasbullah.

Wabup Sumrambah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas KH Hasib Wahab di makam KH Wahab Chasbullah. (Humas Protokol for Jawa Pos Radar Jombang)

’’Terim kasih kepada kapolda dan pangdam yang telah menyempatkan waktu untuk kunjungan ke Tebuireng dan Tambakberas,’’ kata Wabup Sumrambah. Dia juga mengapresiasi santri Tebuireng yang terus berdoa agar wabah Covid-19 segera diangkat dengan cara membaca qunut nazilah tiap jamaah salat fardu di masjid Tebuireng.

Selama di makam pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim, Sumrambah cukup lama berdiri di depan papan yang bertuliskan nasehat KH Hasyim Asy’ari.

Isinya; amal yang tidak disertai ikhlas hanya akan membuat hati menjadi gelap. Serta jika kita pasrah kepada Allah, maka Allah akan menjadi penolong kita. ’’Nasehat ini sangat dalam maknanya,’’ sebutnya.

Sumrambah menjelaskan, Pesantren Tebuireng dan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas menjadi teladan dalam pencegahan Covid-19. Dua pesantren yang memiliki ribuan santri itu telah deklarasi sebagai pesantren Tangguh Semeru.

Mereka punya satgas penegakan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Utamanya 3M; menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun. Saat salat jamaah dan belajar para santri tetap memakai masker dan jaga jarak.

Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, mengatakan kedatangannya untuk silaturahmi dan ziarah. Sebagai pejabat baru, dia minta saran dan masukan kepada para ulama, khususnya Pengasuh Pesantren Tebuireng dan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

’’Bagaimanapun, nasehat ulama harus kita dengarkan,’’ tegasnya. Dia juga menegaskan siap bersinergi dengan semua komponen termasuk alim ulama guna mewujudkan Jatim aman, kondusif dan makmur. 

Hal yang sama disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. ’’Jatim ini daerah religi, maka wajib bagi kami untuk silaturahmi dan mendengarkan nasehat dan masukan para ulama agar bisa menjalankan tugas dengan baik,’’ tandasnya.

Kapolda Nico dilantik Kapolri Jendral Polisi Idham Azis menggantikan Irjen Pol M Fadil Imran, Jumat (20/11). Sedangkan Mayor Jenderal TNI Suharyanto dilantik KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Selasa (3/11).

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP