alexametrics
Sabtu, 15 May 2021
radarjombang
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Latihan Keseimbangan dengan Gym ball

28 November 2020, 08: 40: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MANDIRI: Fita, perenang yang menjalani latihan di rumah dengan bantuan gym ball.

MANDIRI: Fita, perenang yang menjalani latihan di rumah dengan bantuan gym ball. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Latihan renang tidak hanya bisa dilakukan di dalam air. Latihan keseimbangan tanpa air dengan gym ball juga bisa di rumah. Ini sebagai latihan tambahan mandiri.

Seperti yang dilakukan Fita Rachma Ardana, salah satu perenang asal Megaluh. ”Latihan ini untuk keseimbangan untuk rotasi gaya bebas, pakai gym ball di dalam rumah,” ungkap Fita kemarin.

Istilah lain latihan ini dinamai drylan workout. Tidak hanya melatih keseimbangan, tapi juga melatih fokus perenang.

Baca juga: Sekda Ajak Anggota Korpri Jadi Teladan Laksanakan Protokol Kesehatan

Jika diaplikasikan didalam air, gerakan yang dilakukan dengan gym ball membantu perenang dalam keseimbangan, meluncur lurus tidak meliuk-liuk.

Latihan mandiri di rumah tidak wajib. Hanya saja, pelatih memberikan trik dan tips meningkatkan kemampuan berenang. Termasuk menambah jadwal latihan di rumah. Tidak harus memiliki kolam renang, tapi bisa dilakukan dengan cara lain.

”Karena setiap anak kan berbeda-beda, setiap gaya, setiap kelemahan, beda juga penanganannya,” tambahnya.

Namun Fita mengatakan, hasil dari latihan di darat, bisa berpengaruh besar pada cara berenangnya dalam air. ”Melalui latihan itu, biasanya di air juga lebih baik dan benar tekniknya,” tambahnya.

Latihan dilakukan dengan memperagakan gerakan-gerakan renang gaya bebas. Dilakukan selama satu menit, istirahat 15 detik, dilanjut lagi satu menit, dan seterusnya, minimal lima kali sehari.

Fita tergolong perenang yang memiliki kemampuan dan disiplin yang bagus. Tidak cukup dengan latihan di air, Ia juga sering menambah latihan di rumah. Seperti jogging, dan juga firtnes.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP