alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
Boyong Prestasi di China

SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang Go Internasional

12 Tim Raih Juara Membanggakan

28 November 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kepala SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang Mashudi (kiri) bersama siswa dan guru mengikuti upacara pemberian penghargaan.

Kepala SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang Mashudi (kiri) bersama siswa dan guru mengikuti upacara pemberian penghargaan. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang makin go internasional. Dari 12 tim yang didelegasikan untuk mengikuti event The 4th Belt and Road Teenager Maker Camp and Teachers Workshop 2020 secara virtual dari Chongqing China, mulai (1/10) hingga (24/11) kemarin, berhasil meraih prestasi membanggakan. Bahkan, empat tim raih predikat The Best Maker.

Kepala SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang Mashudi SS, SPd, menjelaskan event tersebut diikuti 500 tim dari 47 negara. Di antaranya China, Thailand, Hongkong, Malaysia, Indonesia, Philiphina, Korea Selatan, Turki, Irak, Iran, Afrika Selatan, Meksiko dan beberapa negara lain. Pihaknya mengirim 12 tim untuk mengikuti kegiatan tersebut. 

”Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, tahun ini empat tim dari SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang meraih predikat The Best Maker. Sedangkan 6 tim raih predikat The Best Presentation dan 2 tim raih The Best Teamwork,’’ ujarnya kemarin.

Siswa SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang menerima penghargaan secara virtual.

Siswa SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang menerima penghargaan secara virtual. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Untuk itu ia menyampaikan terimakasih kepada majelis pimpinan pondok pesantren darul ulum (MPPDU) dan para pengasuh asrama yang telah mendukung dan mendoakan siswa agar bisa meraih prestasi.

”Terimakasih juga kami sampaikan kepada wali murid dan seluruh civitas studika SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang, yang punya andil besar dalam mendukung program-program sekolah,” katanya.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh guru Pembina. Terutama Astri Faizah MPd, Dra Nur Prihatini dan Suci Meika Wardhani SPd yang telah membimbing para siswa. “Hingga mencapai predikat The Best Maker,’’ tambahnya merinci.

Event yang diselenggarakan setiap tahun tersebut, lanjut dia, tujuannya untuk memperkuat pertukaran budaya, mempromosikan kesepahaman internasional, serta menginspirasi inovasi bagi generasi muda serta para ilmuan dan guru-guru sains dari negara - negara yang tergabung dalam jalur perdagangan sutera modern dengan China. ”Forum Pendidikan Sains dan workshop juga diselenggarakan bagi guru dan ilmuwan untuk berbagi praktik pendidikan dari berbagai negara,’’ terangnya.

Di sisi lain, SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang selama tiga tahun berjalan telah melaksanakan pembelajaran berbasis STEM yang menjadikan siswa mengetahui seberapa sulitnya melaksanakan projek, dimana mereka harus mengusai konsep, materi, hingga teknik (engineering) dan mencipta sebuah produk.  ”Semoga dengan keberhasilan ini membawa berkah dan manfaat bagi seluruh siswa.Setiap tahun prestasi SMP Darul Ulum 1 Unggulan Jombang semakin bertambah,’’ pungkas Mashudi.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP