alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Perkuat Usaha Ditengah Pandemi Covid-19

27 November 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kegiatan temu usaha pemasaran hasil perikanan dengan kelompok perikanan.

Kegiatan temu usaha pemasaran hasil perikanan dengan kelompok perikanan. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang menggelar temu usaha pemasaran hasil perikanan di Hotel Yusro Jombang, Selasa (24/11). Tujuannya, mendukung para pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19.

”Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita membantu  pelaku usaha perikanan di masa pandemi Covid-19,” ucap Murti Cahyani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang. Pihaknya terus berupaya memfasilitasi pelaku usaha perikanan, dalam mengakses permodalan dan pemasaran melalui berbagai lembaga keuangan dan pameran.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu menghadirkan narasumber dari Asosiasi Makanan dan Minuman Sidoarjo, lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP), serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jombang. Temu usaha ini diikuti 40 peserta.

Murti Cahyani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang

Murti Cahyani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang (Istimewa)

Sulaihan Ketua Asosiasi Makanan dan Minuman Kabupaten Sidoarjo, memberi pengetahuan tentang manajemen usaha perikanan. Agar usaha petani ikan di Jombang tetap bertahan dan berkembang meski maish dalam situasi pandemi Covid-19. Selain itu, pelaku usaha perikanan diharapkan menjalin mitra dengan pihak lain untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.

Terutama dalam hal permodalan dan pemasaran. Masalah permodalan, lanjutnya, bisa diatasi dengan cara bermitra dengan lembaga permodalan melalui LPMUKP dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Muhammad Rizal Amirulloh pendamping LPMUKP wilayah Kabupaten Jombang dan Mojokerto, menyampaikan permasalahan terbesar yang dihadapi dalam mengembangkan usaha perikanan adalah modal, pasar, manajemen usaha, teknologi, mitra usaha dan SDM.

Sementara, Wiwik Eko Ratna narasumber dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jombang, mengharapkan pelaku usaha perikanan memanfaatkan keberadaan koperasi sebagai salah satu wadah untuk melayani kebutuhan produksi, konsumsi, jasa, pemasaran dan permodalan.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP