alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
Tekan Angka Pengangguran

Disnaker Jombang Gelar Pelatihan Membuat Aneka Kue

Tumbuhkan Wirausaha Mandiri Baru

26 November 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Purwanto, kepala Dinas Tenaga Kerja saat melihat praktik pembuatan kue.

Purwanto, kepala Dinas Tenaga Kerja saat melihat praktik pembuatan kue.

Share this      

JOMBANG – Guna mencetak pelaku wirausaha-wirausaha baru mandiri, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jombang aktif menggelar kegiatan pelatihan. Salah satunya pelatihan pembuatan aneka kue di Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito.

”Melalui kegiatan ini, saya harap seluruh peserta yang ikut bisa terampil sesuai dengan materi pelatihan yang diberikan,” ungkap Purwanto, kepala Dinas Tenaga Kerja Jombang kemarin (25/11).

Dia menambahkan, pelatihan yang digelar dua hari ini untuk memberi bekal keterampilan kepada masyarakat di bidang intrepeneuship.

Baca juga: Rencana Sparing dengan Nganjuk Juga Batal

Foto bersama Purwanto Kepala Disnaker dan peserta yang ikut pelatihan.

Foto bersama Purwanto Kepala Disnaker dan peserta yang ikut pelatihan.

Tujuannya, agar masyarakat mampu membuka lapangan kerja sendiri secara mandiri. Langkah ini juga diambil untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Jombang.

Dengan usaha mandiri, tidak hanya menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri, tapi jika usaha melalui keterampilan yang diberikan dengan berbagai inovasi lain.

Tidak menutup kemungkinan lanjut Purwanto, setelah usahanya berkembang mereka bisa merekrut orang lain untuk dipekerjakan. Sehingga angka pengangguran di Jombang semakin berkurang.

Keterampilan membuat aneka kue ini juga bisa dijadikan untuk memperluas kesempatan kerja melalui sektor informal.

”Jika usahanya sudah tumbuh dan berkembang, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitarnya,” tambahnya.

Selain mengurangi angka pengangguran, mendirikan usaha mandiri melalui berbagai keterampilan juga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Jadi wirausaha baru dan mempekerjakan orang di sekitar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Selain dibekali dengan keterampilan pokok membuat aneka kue, masyarakat juga bisa menambahkan inovasi lain, sehingga memiliki ciri khas sendiri.

”Masyarakat bisa mengembangkan bakat atau minatnya masing-masing sehingga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Tidak hanya membuat kue, tapi juga berinovasi dalam bidang lain,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP