alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Oven Bocor, 2.000 Ekor Ayam Hangus Terpanggang

23 November 2020, 18: 51: 06 WIB | editor : Rojiful Mamduh

HANGUS: Suasanapetugas pemadam kebakaran saat berusahan memadamkan titik api yang membakar kandang ayam.

HANGUS: Suasanapetugas pemadam kebakaran saat berusahan memadamkan titik api yang membakar kandang ayam. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Kebakaran menimpa sebuah kandang ayam di Dusun Babut, Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito Sabtu (21/11). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Agus Harianto, salah satu saksi mata mengatakan, kejadian berlangsung sekira pukul 21.00. Awalnya, warga dikejutkan munculnya api dari kandang. Bangunan kandang yang terbuat dari bahan mudah terbakar, menjadikan api dengan cepat membesar dan merembet ke bagian lain.

”Saya tahu tadi (kemarin, Red) api sudah mulai besar, dan terus merambat,” terang Agus. Sejumlah pekerja dibantu warga sekitar berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Namun usaha warga sia-sia, api terus membesar dan meluas. Selang beberapa menit kemudian, kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berusaha memadamkan api yang sudah hampir melahap seluruh bagian kandang. Sekitar satu jam kemudian, api baru bisa dijinakkan.

Akibat kejadian ini, kandang berukuran 7x4 meter berbahan semi permanen ini ludes dilalap api. Seluruh isi kandang juga ikut hangus terpanggang. ”Di dalam ada ayam sekitar 2.000 ekor, kebetulan baru dua hari diisi ini,” terang Indra Gunawan, pemilik kandang.

Beruntung saat kebakaran, seluruh penjaga kandang berhasil menyelamatkan diri. ”Korban jiwa tidak ada, kalau kerugian ya mungkin sekitar Rp 25 juta untuk bibit ayamnya itu,” tambahnya.

Ia juga menyebut, dari keterangan beberapa pekerjanya, api diduga berasal dari titik oven. ”Kira-kira ya dari oven itu, kan pakai elpiji, jadi entah bocor atau apa sampai akhirnya kebakar itu,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP