alexametrics
Jumat, 27 Nov 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Budi Winarno Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jombang

Terbiasa Bantu Ayah di Sawah

22 November 2020, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

TEGAS: Budi Winarno Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jombang

TEGAS: Budi Winarno Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jombang (Istimewa)

Share this      

NAMA Budi Winarno Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jombang semakin dikenal sejak pandemi Covid-19. Maklum, pria 46 tahun ini dipercaya menjadi Koordinator Bidang Komunikasi publik atau juru bicara Satgas Covid-19 Jombang. Setiap hari, ia bertugas melaporkan perkembangan Covid-19.

Budi lahir di Desa Gabusbanaran, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, 1 Oktober 1974. Anak terakhir dari lima bersaudara pasangan Sukri Susanto dan Sri Wilujeng ini sudah biasa hidup sederhana dan pekerja keras.

Sejak kelas 6 SD, ia sudah sering diminta sang ayah untuk membantu mengurus sawah.

Bahkan saat duduk di bangku kelas 3 SMP, ia sudah berkeliling di utara Brantas untuk mengangkut hasil panen. ”Kebetulan ayah punya penggilingan padi, jadi saya yang mengambil dengan pikap dari Kabuh dan lainnya,’’ ujarnya saat ditemui Jawa Pos Radar Jombang kemarin.

Budi mengawali pendidikannya di SDN Bedahlawak lulus 1986. Lalu melanjutkan ke SMPN 1 Tembelang lulus 1989 dan SMAN Ploso lulus 1992.

”Lulus SMA saya kuliah di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang 1992-1997,’’ jelas dia. Saat kuliah S1, ia mengambil jurusan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).

Setelah lulus langsung mengikuti test CPNS yang digelar Pemprov Jawa Timur. ”Pertama kali ikut CPNS saya langsung dinyatakan lolos dan mulai bekerja per 1 Januari 1999,’’ terangnya.

Kali pertama bekerja sebagai PNS, bertugas sebagai staf Bappeda 1999-2003. Baru 2003, ia mengikuti tes kuliah beasiswa program pasca sarjana yang diadakan Bappenas. ”Alhamdulillah saya lolos dan  kuliah S2 di UGM jurusan Managemen Aset dan Penilaian Properti,’’ terang dia.

Setelah lulus 2006, Budi kembali bekerja sebagai ASN di Pemkab Jombang. Setahun kemudian, Budi mendapat promosi dan dipercaya menjadi Kasi Ekonomi Pembangunan Bappeda.

Selang dua tahun, dipercaya menjadi Kasi Fisik Prasarana 2009-2011. Karirnya terus melejit. Di tahun yang sama, Budi dipromosikan lagi menjadi Kabid Perumahan, Tata Bangunan dan Pemakaman di Dinas Lingkungan Hidup 2011-2013.

Kemudian, Budi dikembalikan lagi ke Bappeda menjadi Kabid Fisik Prasarana hingga 2018. “Baru setelah itu saya mengikuti assestmen dan menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sampai sekarang,’’ tandasnya.

Dalam kehidupan pribadinya, begitu tahun pertama menjadi PNS, ia menikah dengan gadis pujaan hatinya Filly Triyana asli Malang. Kini, untuk menjaga tubuhnya agar tetap fit, ia seringkali gowes bersama jajaran kepala OPD di akhir pekan.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP