alexametrics
Jumat, 27 Nov 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Katarak dan Cara Mengobatinya

22 November 2020, 07: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Oleh: dr Erry Dewanto Sp.M Dirut Klinik Mata EDC Group

Oleh: dr Erry Dewanto Sp.M Dirut Klinik Mata EDC Group (istimewa)

Share this      

PENYAKIT katarak dapat menyerang siapa saja. Penyakit yang dapat mengganggu penglihatan mata ini disebabkan beberapa faktor. Salah satunya usia. Katarak juga bisa disebabkan penyakit sistemik seperti diabetes dan kencing manis.  

Katarak adalah setiap kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Keluhan yang utama, terjadi penurunan penglihatan atau penglihatan berkabut. Penyebab yang paling banyak adalah faktor usia. Umumnya menyerang usia di atas 50 tahun.

Adapun Salah satu penanganan katarak dengan operasi. Sebab, sampai saat ini tidak ada pengobatan secara alami untuk menyembuhkan katarak. Sehingga yang dapat dilakukan operasi pada mata.

Dulu, operasi katarak harus menunggu katarak matang. Namun dengan perkembangan teknologi, operasi katarak dapat dilakukan ketika pasien merasa terganggu penglihatannya.

Perkembangan alat terbaru yang dimiliki Klinik Mata EDC Group adalah dengan menggunakan alat fakoemulsifikasi atau phacoemulsification. Alat ini sudah tersedia di Klinik Mata EDC Mojoagung.

Teknik operasi fakoemulsifikasi ini menggunakan ultra sound atau gelombang suara untuk menghancurkan katarak dan kemudian diambil keluar. Caranya melalui luka kecil sayatan sekitar 1.8- 2.7 mm.

Keunggulan menggunakan alat ini selain lebih cepat, pasien juga tidak perlu diperban matanya. Jika dulu setelah operasi nunduk-nunduk, sujud, rukuk saat salat tidak boleh sampai dengan satu bulan. Tapi kalau sekarang cukup 5-7 hari sudah boleh.

Katarak dapat menyebabkan komplikasi jika tidak segera dioperasi. Katarak  akan sampai ke fase katarak kelewat matang yang bisa membuat sel mata rusak. Dampaknya memang seperti itu seandainya terjadi glaukoma hingga menimbulkan kebutaan permanen.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP
Artikel Lainya