alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Sekda Minta Kepala OPD Jaga Kebugaran

21 November 2020, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Sekdakab Akhmad Jazuli saat lari mengitari lapangan Pemkab Jombang, kemarin.

Sekdakab Akhmad Jazuli saat lari mengitari lapangan Pemkab Jombang, kemarin. (Humas Protokol for Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Sekda Akhmad Jazuli meminta semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) menjaga kebugaran. Agar bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. ’’Kepala OPD harus bisa menjadi contoh termasuk dalam hal kebugaran.

Kalau kepala OPD-nya bugar, pasti bisa memotivasi seluruh staf agar ikut bugar sehingga semua program dan pelayanan lancar,’’ katanya usai tes kebugaran untuk semua kepala OPD di lapangan Pemkab Jombang, kemarin.

Tes kebugaran diikuti para kepala dinas, asisten, staf ahli, kepala bagian hingga camat dan kepala puskesmas. ’’Khusus puskesmas, semua stafnya juga harus ikut tes kebugaran dan kesehatan. Jangan sampai melayani kesehatan masyarakat, tapi dirinya sendiri tidak sehat,’’ tegasnya.

Tes kebugaran menurut Jazuli sangat penting demi mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing. Berdaya saing artinya punya keunggulan sehingga bisa memenangkan kompetisi.

Nah, agar bisa memenangkan kompetisi, tentu butuh fisik yang bugar dan sehat. ’’Dengan fisik yang bugar dan sehat, pelayanan masyarakat akan menjadi lebih cepat. Dalam bekerja juga lebih produktif,’’ tandasnya.

Dengan fisik yang bugar dan sehat, pikiran juga semangat dan optimistis. Sehingga dalam bekerja lebih giat. ’’Al aqlus salim fil jismis salim. Akal sehat, terletak pada tubuh yang sehat,’’ ujarnya.

Tes kebugaran ini diawali senam kemudian lari mengitari lapangan Pemkab Jombang sebanyak lima kali. Kemudian tensi jantung, cek gula darah serta kolesterol.  ’’Hasil tesnya baru keluar pekan depan. Tapi  sekilas saya lihat semuanya bagus,’’ tambah pria yang pernah menjabat Kepala Disdikbud Kabupaten Mojokerto ini.

Mengaca hasil tes kebugaran, nanti setiap kepala OPD akan diberi rekomendasi program olahraga yang sesuai.  Kebugaran kurang dianjurkan jalan santai, jalan cepat, joging atau  bersepeda dua kali seminggu 20-30 menit.

Kebugaran cukup dianjurkan senam, renang, step dance atau diskorobik tiga kali seminggu 30-40 menit. Kebugaran baik dianjurkan main sepak bola, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, bola basket atau bola voli empat kali sepekan 40-60 menit.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP