alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

SMPN 2 Plandaan Sinergi Wujudkan Pembelajaran Daring Efektif

Minat Siswa BDR Meningkat, Sukses Laksanakan

19 November 2020, 09: 10: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Kegiatan bakti sosial ke rumah siswa terdampak bencana

Kegiatan bakti sosial ke rumah siswa terdampak bencana (istimewa)

Share this      

JOMBANG – Upaya SMPN 2 Plandaan mewujudkan program belajar dari rumah (BDR) sebagai upaya pencegahan Covid-19 patut diapresiasi. Sinergi lintas sektoral dilakukan mulai dari pemerintah desa, komite, puskesmas, kepolisian dan koramil untuk mensukseskan BDR ini.

Kepala SMPN 2 Plandaan Suryani SPd, MSi, menyampaikan ada beberapa kendala dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat pandemi Covid-19. Salah satunya, kesulitan sinyal yang dikarenakan letak geografis wilayah Kecamatan Plandaan. Serta minimnya gawai (gadget) yang dimiliki siswa dalam mengikuti program PJJ.

”Dari kendala itu kita kemudian mencarikan solusi pertama menyiapkan klinik dan cafe BDR untuk memnfasilitasi siswa yang mengalami kesulitan PJJ,’’ ujarnya. Upaya kedua, lanjut dia, mengajak diskusi pengurus komite dan walimurid terkait BDR.

Suryani SPd, MSi Kepala SMPN 2 Plandaan

Suryani SPd, MSi Kepala SMPN 2 Plandaan (istimewa)

Guru SMPN 2 Plandaan juga turun langsung dengan berkunjung ke rumah untuk pendampingan BDR selama pandemi Covid-19. ”Kami turun ke rumah siswa untuk mendampingi mereka belajar,’’ tambahnya. Upaya ketiga, mewujudkan sinergi lintas sektoral seperti pemerintah desa hingga MoU dengan puskesmas, kepolisian, koramil untuk membantu jaringan internet dan pengawasan BDR.

”Kami juga melaksanakan baksos ke salah satu rumah siswa yang terdampak bencana angin puting beliung, serta memberi bantuan paket data/pulsa ke pendidik GTT ,’’ jelas dia sembari menyebut kegiatan baksos tetap mengimplementasikan budaya 3 S (Santun, Sapa, Salam).

Dari sinergi lintas sektoral itulah antusias siswa dalam melaksanakan BDR semakin meningkat. Sebab, dukungan dan peran serta stakeholder terkait mampu memberi dampak positif bagi siswa. ”Alhamdulillah minat siswa meningkat dengan upaya sinergi dari lintas sektoral,’’ pungkas Suryani. 

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP