alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
SMPN 3 Mojoagung Lakukan Inovasi Pembelajaran

Buat Studio Produksi Video dan Perpustakaan Hybrid

17 November 2020, 08: 48: 52 WIB | editor : Rojiful Mamduh

2.	Rudhi Atmoko MPd Kepala  SMPN 3 Mojoagung mendampingi pembuatan video pembelajaran.

2. Rudhi Atmoko MPd Kepala SMPN 3 Mojoagung mendampingi pembuatan video pembelajaran. (Anggi Fridianto/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – SMPN 3 Mojoagung di Jl H Subakir 25 Karobelah Mojoagung memiliki inovasi pembelajaran berbeda dengan sekolah lain. Membuat studio produksi video pembelajaran serta perpustakaan hybrid.

Kepala SMPN 3 Mojoagung Rudhi Atmoko MPd, menyampaikan dalam mengatasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, dibuat terobosan kegiatan belajar mengajar secara daring. Pertama, membuat studio produksi video pembelajaran yang dikhususkan bagi tenaga kependidikan. ”Studio ini memiliki fasilitas produksi yang lengkap, mulai dari kamera, microphone, aplikasi editor dan pencahayaan dari beberapa sisi. Sehingga hasil video lebih interaktif,’’ ujarnya kemarin (16/11).

Produksi video juga cukup mudah. Guru cukup duduk dan menjelaskan materi di depan kamera. Dalam proses tersebut akan direkam oleh aplikasi yang sudah disiapkan. ”Jadi output-nya dalam bentuk video yang akan dikirim ke website sekolah www.spigma.sch.id,’’ terang dia.

Inovasi kedua, memujudkan perpustaan hybrid. Rudi menjelaskan, perpustakaan hybrid ini perpaduan antara manual dan digital. Siswa yang akan meminjam buku di perpustakaan cukup men-scan dengan menggunakan qr code. ”Tujuannya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Sehingga harapannya antusias anak-anak terlihat,’’ terangnya lagi.

Inovasi ketiga, mengadakan diklat guru SMPN 3 Mojoagung. ”Diklat ini juga ada tindak lanjutnya, guru bisa membuat video pembelajaran. Kemudian video pembelajaran dapat diakses oleh siswa menggunakan qr code yang aplikasinya dapat diunduh di google playstore,’’ pungkas Rudi. (ang/bin)

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP