alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Kasus Pencurian HP Dihentikan, Dua Napi Dibebaskan

28 Oktober 2020, 07: 23: 20 WIB | editor : Rojiful Mamduh

BEBAS: Dua napi dibebaskan

BEBAS: Dua napi dibebaskan (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – M Fatkhur Rozak, 29, asal Jogoroto dan Aris Setiawan,26, asal Ngoro akhirnya dibebaskan dari tuntutan hukum. Menyusul adanya permintaan penghentian perkara dari pihak korban asal Jogoroto yang HP-nya dicuri. ”Lebih tepatnya penghentian penuntutan. Karena memang tidak semua kasus harus sampai pengadilan,” terang Kajari Jombang, Yulius Sigit Kristanto, kemarin (27/10/2020).

Keduanya dibebaskan setelah tiga bulan menjalani masa penahanan di lapas Kelas II B Jombang.

Yulius menambahkan, dalam peraturan Jaksa Agung nomor 14/2020, ada istilah restoratif justice. Tujuannya, lanjut Sigit untuk memberikan keadilan bagi semua. ”Tapi tidak berlaku untuk semua kasus, ada kriteria-kriteria tertentu yang ketat,” bebernya.

Misalnya, dalam kasus ini, yang menjadi pertimbangan utama penghentian penuntutan, yakni adanya permintaan dari pihak korban. ”Semula korban bersama keluarga dan pemerintah desa datang ke kami, menyampaikan permohonan untuk mencabut kasus,” bebernya.

Menindaklanjuti hal itu, penyidik berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim terkait restoratif justice. ”Ternyata disetujui,” imbuhnya. Sebab, selain sudah ada perdamaian dengan korban, pelaku tercatat baru pertama kali melakukan tindak pidana. Dan kerugian negara di bawah Rp 2,5 juta. Tak hanya M Fatkhur Rozak, 29, proses penuntutan hukum terhadap Aris Setiawan juga dihentikan.

Kebijakan restoratif justice berangkat dari sejumlah kasus yang pernah menjadi perhatian publik. ”Misal orang mencuri sandal, mengambil satu buah mangga milik tetangga, asal antara korban dan tersangka sudah terjadi perdamaian, maka bisa diajukan penghentian penuntutan, dalam arti tidak sampai masuk sidang. Tapi dengan catatan tidak ada pemaksaan kepada korban,” tandasnya. (yan/naz/jif)

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP