alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Raih Akreditasi A dari Perpusnas RI

26 Oktober 2020, 06: 38: 16 WIB | editor : Rojiful Mamduh

JAGA JARAK: Sejumlah siswa SMA DU 2 Jombang asyik membaca di perpustkaan.

JAGA JARAK: Sejumlah siswa SMA DU 2 Jombang asyik membaca di perpustkaan. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

SEMENTARA itu, prestasi tak kalah membanggakan juga diraih Perpustakaan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Ini setelah berhasil meraih nilai dengan predikat  akreditasi A dari Perpustakaan Nasional  RI.

Kepala Perpustakaan SMA DU 2 Jombang Tri Rochmawati, M.Pd. menyampaikan, predikat akreditasi A, diraih pada 10 Oktober 2019.

Penyerahan sertifikat diserahkan langsung oleh Dr. H. Rasiyo, M.Si. Hadir dalam penyerahan itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. ”Alhamdulillah kami mendapatkan kesempatan mengikuti akreditasi perpustakaan tahun pertama di Jombang dengan nilai A,’’ ujar dia kemarin.

PENGHARGAAN: Penyerahan piagam juara 2 lomba perpus SLTA tingkat provinsi oleh Plt Kepala Perpus dan Kearsipan Provinsi Jatim.

PENGHARGAAN: Penyerahan piagam juara 2 lomba perpus SLTA tingkat provinsi oleh Plt Kepala Perpus dan Kearsipan Provinsi Jatim. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Dijelaskan, ada beberapa kiat yang sudah dilakukan SMA DU 2 Jombang dalam mewujudkan sekolah literasi. Pertama, menyediakan pelayanan silang melalui kerja sama dengan beberapa sekolah jenjang SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Kedua, mengadakan program One Month One Book, di mana setiap siswa wajib membaca minimal satu buku dalam satu bulan.

Selain itu, perpustakaan SMA DU2 juga mengadakan bimbingan penelusuran sumber pustaka, mengadakan lomba-lomba untuk program pengembangan literasi secara rutin, dan menambah inovasi-inovasi berupa sudut baca kelas, gazebo baca, gerobak pustaka, sepeda pustaka, pohon buku, barcode pohon serta penerbitan buku karya siswa dan guru.

”Perpustakaan kami juga ramah anak, yaitu dengan menyediakan koleksi buku anak dan layanan bercerita bagi anak. Perpustakaan SMA DU 2 juga ramah difabel dengan menyediakan perlengkapan khusus difabel seperti Alquran braille, kursi roda, walker, tongkat, dan kamar mandi difabel,” tandas kepala perpustakaan yang mulai menggeluti kegiatan literasi sejak 2018 ini.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya  menggandeng Perpustakaan Mastrip Jombang dalam program Perpustakaan Keliling. Di lingkup sekolah, pihaknya juga merintis perpustakaan berbasis digital atau digital library dengan mengunjungi laman perpus.ip-dynamic.com yang memiliki ribuan koleksi e-book. Setiap siswa dapat login dengan menggunakan nomor induk masing-masing.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung dapat menuliskan nama dan asal instansi untuk dapat membaca koleksi tersebut. ”Di masa pandemi Covid-19, siswa yang saat ini melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh tetap bisa berkunjung ke perpustakaan secara online,’’ tandasnya.

Tak hanya itu, untuk membuat suasana perpustakaan semakin nyaman bagi pemustaka, pihaknya sudah mengemas perpustakaan menjadi tempat yang modern, bersih dan luas. ”Sehingga siswa dan siswi yang ingin membaca akan lebih betah,’’ pungkasnya. 

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP