alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dinas Pertanian Jombang Beli 78 Rumah Burung Hantu Rp 922 Juta

24 Oktober 2020, 12: 43: 14 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PROYEK: Pengadaan rumah burung hantu

PROYEK: Pengadaan rumah burung hantu (MARDIANSYAH TRIRAHARJO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Banyak proyek jumbo di Dinas Pertanian Jombang. Termasuk pengadaan 78 rumah burung hantu (rubuha) dengan pagu Rp 922 juta. Pemenangnya CV Moara Prabangkara yang beralamat di Perum Griya Kencana Mulya, Candimulyo, Jombang dengan penawaran Rp 734 juta. ”Saat ini proses lelangnya masuk tahap masa sanggah. Kami serahkan semuanya ke bagian pengadaan barang dan jasa,” kata Sekretaris Disperta, Supriyanto, Jumat (23/10/2020).

Dia menjelaskan, pagupon burung hantu dibangun untuk mengendalikan hama tikus. ”Pagupon itu nanti akan dibangun di wilayah yang mengalami serangan hama tikus. Jadi belum semua, tapi ke depan akan dibangun merata di 21 kecamatan,” lanjutnya.

Ditanya  sejauhmana efektivitas pembangunan rubuha guna penanggulangan hama tikus, Supriyanto enggan membeber banyak. Ia menyebut langkah ini bagian dari upaya Disperta mengatasi hama tikus, selain dengan upaya-upaya lain. ”Ya harapannya tentu berhasil. Nanti hanya pagupon saja, burung hantu yang hidup di sekitar sawah yang akan masuk ke pagupon itu. Jadi alami,” imbuh Supriyanto.

Ada 78 unit rubuha yang akan dibangun tahun ini. Pagu anggaran yang disiapkan mencapai Rp 922 juta, bersumber dari P-APBD 2020. ”78 pagupon itu nanti dibangun di Mojoagung, Kesamben, Sumobito, Megaluh, Plandaan, Ngusikan, dan Kudu,” ujarnya.

Wilayah itu disebut Supriyanto mengalami serangan hama tikus. ”Kami mengacu data serangan hama tikus dalam kurun waktu 2019 hingga 2020,” pungkasnya. (mar/naz/jif)

(jo/mar/jif/JPR)

 TOP