alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan
Progres Pilkades Serentak 2020

Tahap Penetapan Calon Tuntas

24 Oktober 2020, 06: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Untuk pilkades di Desa Banjardowo, panitia telah menetapkan sebanyak tiga calon kepala desa

Untuk pilkades di Desa Banjardowo, panitia telah menetapkan sebanyak tiga calon kepala desa (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Tahapan pelaksanaan pilkades serentak yang diikuti sembilan desa terus berjalan.

Jumat (23/10) kemarin, seluruh panitia desa sudah mengumumkan dan menetapkan masing-masing calon.

Dinas memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai mekanisme yang ditetapkan.

”Alhamdulillah lancar. Jadi masing-masing desa sudah melaksanakan proses secara teratur, dan seluruhnya memiliki minimal dua calon.

Tidak ada calon tunggal,” terang Sholahuddin Hadi Sucipto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang.

Dia menegaskan, sesuai tahapan sudah masuk tahap penetapan calon. Dari sembilan desa yang menyelenggarakan pilkades serentak, keseluruhan sudah merampungkan proses.

”Seluruh desa sudah rampung untuk penetapan calon. Yang terakhir hari ini (kemarin, Red) bisa dilihat di Desa Banjardowo,” imbuh Solahuddin usai menghadiri kegiatan penetapan Calon Kades Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang kemarin.

Untuk pilkades di Desa Banjardowo, panitia telah menetapkan sebanyak tiga calon kepala desa yang nantinya akan berkompetisi dalam perhelatan pilkades serentak pada 16 Desember 2020 nanti.

”Jadi konsepnya sama, penetapan calon memang hari ini terakhir. Ini tadi serentak di 8 desa juga sudah merampungkannya,” lanjutnya.

Usai tahapan penetapan calon selesai, selanjutnya akan dilanjutkan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tahapan ini, disebutnya bisa dilaksanakan bersamaan dengan penetapan calon atau berbeda waktu. ”Kalau model di Banjardowo ini kan sudah sekalian hari ini pengumuman DPT-nya, artinya ya lebih baik,” tambahnya.

Sehingga, proses selanjutnya bisa berlanjut kepada penyusunan dan pencetakan surat suara. Proses ini, dilakukan panitia pemilihan kepala desa dari masing-masing desa.

”Yang jelas, harus diselesaikan dulu tahapan pencetakan surat suara ini, setelah itu nanti akan ada masanya untuk tahapan kampanye,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sesuai dengan surat Keputusan Bupati Nomor 188.4.45/317/415.10.1.3/2020 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pilkades Serentak di Kabupaten Jombang 2020, pilkades dilaksanakan pada hari Rabu 16 Desember 2020.

Pilkades ini akan diikutisembilan desa, yakni Desa Sukoiber, Kecamatan Gudo, Desa Wangkalkepuh Kecamatan Gudo, Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng, Desa Saketi Kecamatan Mojoagung. Selain itu Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno, Desa Madiopuro Kecamatan Sumobito, Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang, Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh, dan Desa Banjardowo Kecamatan Jombang.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP