alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

MAN 7 Jombang Kembangkan Potensi Siswa

Berprestasi Budaya, Bahasa dan Olahraga

20 Oktober 2020, 06: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Suryanto Kepala MAN 7 Jombang dengan berbagai piala prestasi siswa

Suryanto Kepala MAN 7 Jombang dengan berbagai piala prestasi siswa (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7 Jombang di Desa Keboan, Kecamatan Ngusikan terus mengembangkan potensi siswa.

Potensi itu bisa berprestasi hingga membawa nama baik madrasah.

Suryanto Kepala MAN 7 Jombang, menyebut sesuai acuan prestasi madrasah terdapat lima item.

Meliputi prestasi akhlakuk karimah, prestasi ilmu keagamaan, sains dan teknologi, prestasi bahasa dan budaya serta prestasi olahraga dan seni.

’’Dari lima prestasi ini kemudian kita baca, paling tidak untuk pertama anak-anak sudah baik.

Indikatornya ketika ada rapat atau Musrenbang di kecamatan tidak ada keluhan dari pemerintahan desa terkait siswa kita yang nakal dan sebagainya,’’ katanya, Senin kemarin (19/10).

Prestasi kedua, terkait ilmu keagamaan siswa harus sudah mendapat bekal. ’’Untuk sains dan teknologi memang sekarang belum seberapa, sementara bahasa dan budaya sudah mulai muncul.

Seperti tiga tahun terakhir anak-anak selalu dapat tropi berturut-turut juara lomba sastra tingat Jawa Timur,’’ imbuh dia.

Adapun yang paling banyak diukir sejauh ini adalah prestasi di bidang olahraga. Terutama untuk cabor atletik, segudang prestasi sudah disumbangkan siswa demi nama baik madrasah.

’’Sampai madrasah kita dijuluki madrasah atletik karena saking banyaknya prestasi yang diperoleh anak-anak. Baik itu kejurda atau porseni selalu juara umum,’’ terang dia.

Suryanto lantas menyebutkan, 2018-2019 lalu sebanyak 68 prestasi berhasil ditorehkan siswa.

Di antaranya kejuaraan yang dihelat KONI Jombang, Kejurkab hingga tingkat provinsi. ’’Selain atletik juga ada wushu, pencak silat,’’ sebutnya lagi.

Berlanjut di tahun pelajaran 2019-2020, upaya membanggakan nama madrasah semakin terlihat.

Tercatat ada 26 prestasi yang diraih siswa baik bidang olahraga maupun bahasa dan budaya. ’’Untuk tahun ini sebelum Covid-19 anak-anak juara essay dan juara cipta puisi di MAN 3 Jombang.

Tahun sebelumnya juga juara pertama di Tulungagung dan Unair Surabaya,’’ beber kepala madrasah berusia 53 tahun ini.

Pihaknya akan terus memotivasi siswa agar memberikan yang terbaik ke madrasah. ’’Karena kita tahu sendiri madrasah di pinggiran seperti apa, saya sering menyampaikan ke teman-teman jangan mengeluh, karena tidak mengukir prestasi hanya karena keterbatasan,’’ papar Suryanto.

Semangat itupun bisa ditunjukkan. MAN 7 Jombang di bawah kendalinya sudah mengukir segudang prestasi meski fasilitas yang ada terbatas.

’’Jumlah siswa dari tahun ke tahun terus bertambah. Tahun ini ada 700-an siswa, sementara sarana prasarana kita terbatas,’’ ungkapnya.

Dia terus memotivasi siswa agar tidak pesimitis. “Íntinya kita gali potensi anak-anak di bidangnya.

Untuk akademik memang masih kurang, yang menonjol olahraga. Itu yang sampai sekarang kita genjot, jadi dimana kita berada pasti ada potensi,’’ pungkas pengurus kelompok kerja kepala madrasah aliyah di Jombang ini.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP