alexametrics
Kamis, 03 Dec 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
SMPN 2 Kesamben Wujudkan PJJ

Siswa Kumpulkan Tugas dengan Sistem Drive Thru

19 Oktober 2020, 14: 36: 17 WIB | editor : Rojiful Mamduh

TEGAS: Kepala SMP Negeri 2 Kesamben Nur Chasanah

TEGAS: Kepala SMP Negeri 2 Kesamben Nur Chasanah (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Jombang, SMPN 2 Kesamben terus berupaya mewujudkan pembelajaran yang efektif dan bebas dari penularan Covid-19. Salah satunya menerapkan sistem drive thru untuk mengumpulkan tugas siswa.

Kepala SMP Negeri 2 Kesamben Nur Chasanah, M.Pd. mengatakan, kegiatan pengumpulan tugas dengan sistem drive thru dilakukan seminggu sekali. ”Kita pilih hari setiap Sabtu,” terangnya. Siswa yang ingin mengumpulkan tugas atau wali murid yang akan mengumpulkan laporan pemantauan dapat berkunjung ke sekolah. ”Konsepnya seperti layanan drive thru. Jadi mereka datang naik motor lalu mengumpulkan tugas di setiap pos (bangku) yang kita sediakan. Namun para wali murid mengaku lebih nyaman dengan turun dari kendaraan dan mengantarkan langsung ke bapak ibu guru,’’ ujar dia kemarin (17/10).

Dijelaskan, sistem pengumpulan tugas secara drive thru ini diterapkan sejak penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dikatakan, tidak semua tugas dapat dikumpulkan secara online. Namun ada beberapa tugas seperti, makalah atau prakarya yang harus dikumpulkan secara fisik. ”Setiap siswa yang ke sini kita terapkan 3 M. Mulai mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan memakai masker,’’ tandasnya.

Sistem drive trhu diterapkan untuk menghindari kerumunan. Setiap siswa atau wali murid yang datang ke sekolah wajib menjaga jarak minimal 1 meter. ”Selain itu, kami juga menyediakan layanan konsultasi bagi wali murid/siswa yang mengalami kendala selama PJJ,’’ tuturnya.

Dalam menjalankan pembelajaran daring, pihaknya menggunakan aplikasi Google Classrom. Setiap pagi, pukul 07.00 siswa wajib absen melalui aplikasi tersebut. ”Alhamdulillah pembelajaran daring selama ini berjalan lancar. Kita juga sering melakukan home visit ke rumah siswa, jika ada kendalaselama pembelajaran daring,’’ pungkasnya. (ang/naz/jif)

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP