alexametrics
Selasa, 22 Jun 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Pendeta Petrus Harianto; Jika Tuhan Turut Bekerja Semua Masalah Beres

19 Oktober 2020, 12: 41: 23 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Pendeta Petrus Harianto

Pendeta Petrus Harianto (ROJIFUL MAMDUH//JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

Pendeta GPdI House of Prayer Sawahan Jombang, Petrus Harianto STh, menyampaikan renungan menarik, kemarin. Terutama agar kita yakin semua masalah akan beres jika tuhan turut bekerja.

’’Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah,’’ tuturnya mengutip Roma 8:28.

Dalam hidup ini semua orang pasti pernah mengalami suka dan duka, tertawa dan menangis, kesulitan dan kelegaan, tantangan dan kemenangan. Tapi bersyukur bagi kita di dalam Kristus selalu ada pengharapan bila kita mengimani apa yang firman Allah katakan dalam Roma 8:28.

Baca juga: Ngoro Airfield yang Kini Jadi Lapangan Badang, Saksi Perang Dunia II

Dari ayat ini kita diingatkan dan dikuatkan bahwa semua yang kita alami ada dalam rencanaNya, karena Tuhan senantiasa turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihi Dia.

Apa bukti bahwa kita mengasihi Tuhan? 1 Yohanes 5 : 3, mengatakan bahwa Kasih kepada Allah dibuktikan dengan cara kita menuruti perintah-perintahNya, karena perintah-perintahNya itu tidak berat bila kita benar-benar punya kemauan kuat untuk melakukannya. Yang membuat kita berat dan tidak mampu untuk taat dan melakukan firman Tuhan adalah kehendak daging kita yang kuat.

Itulah sebabnya tidak seorangpun dapat melakukan firman Tuhan, kita perlu penolong, yaitu Roh Kudus, seperti yang dikatakan dalam Yohanes 14:16-17a, Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran.

Jika kita sungguh percaya bahwa Allah selalu turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Maka kita akan merendahkan diri kita dan hidup mengikuti kehendak Tuhan dengan segenap hati, maka Tuhan akan menolong kita dan memberikan kekuatan yang baru sehingga kita mampu melaksanakan firmanNya.

Keadaan apapun yang kita alami saat ini, ketahuilah bahwa Allah selalu turut bekerja di dalamnya, Dia selalu hadir untuk menyatakan kuasa dan kasih-Nya, DIA yang memegang dan merancang yang terbaik bagi kita.

Tuhan Yesus tidak pernah berubah, Dia senantiasa baik dan menyatakan kasih dan kebaikan-Nya kepada kita.

Dari mana datangnya hal-hal yang buruk, yang kita alami? Yohanes 8:44 menjelaskan bahwa iblis adalah bapa segala pendusta, iblis selalu berusaha menghancurkan apa yang sudah Tuhan rancangkan untuk kita.

Iblis dapat berbuat apapun tetapi Tuhanlah yang mengontrol, berkuasa, dan mematahkan semua usaha dari iblis. Dan memakai hal itu untuk mendidik kita, dan mendatangkan kebaikan bagi kita.

Satu jemaat beberapa minggu yang lalu bersaksi bagaimana mereka mengalami perjuangan yang berat beberapa tahun yang lalu dalam mengelola usahanya. Bahkan satu hari pernah hanya dapat lima puluh ribu rupiah. Sampai-sampai suami istri ini berencana untuk cari kerja di luar negeri. Tapi Tuhan tidak menghendaki apa yang mereka inginkan. Mereka tetap setia dan mengasihi Tuhan serta terus berjuang dengan penuh pengharapan pada Tuhan. Hari demi hari, bulan dan tahun, akhirnya Tuhan menyatakan pertolongannya.

Mereka merasakan kalau Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan. Tuhan selalu turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan dibalik persoalan yang mereka hadapi. Toko yang dulu barangnya tinggal sedikit, Puji Tuhan sampai hari ini Tuhan limpahkan berkatnya.

Karena itu hendaklah kita hidup untuk selalu mengasihi Tuhan dalam keadaan apapun juga. ’’Sebab Tuhan memanggil kita untuk hidup dalam rencanaNya. Tuhan Yesus memberkati,’’ pungkasnya. (jif/bin)

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP