alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Kerajinan Olahan Bambu Idris Hanafi Dijual Online Hingga Ratusan Ribu

17 Oktober 2020, 13: 14: 25 WIB | editor : Rojiful Mamduh

BAMBU: Di tangan kreatif Idris Hanafi jadi barang indah

BAMBU: Di tangan kreatif Idris Hanafi jadi barang indah (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

Tangan kreatif Mohammad Idris mengubah bambu menjadi aneka kerajinan. Mulai dari miniatur truk, kapal, kincir air hingga wadah lampu. Seperti apa?

KREATIVITAS Mohammad Idris Hanafi patut diapresiasi positif. Bambu bernilai ekonomis mampu diubah menjadi kerajinan yang bernilai jual. Tentu, untuk mengolah bambu itu butuh ketelitian dan kesabaran.

Di teras rumahnya di Dusun Murongtimur, ia nampak serius menyelesaikan salah satu miniatur. Tangan kanan memegang lem, sementara tangan kirinya terus bergerak memegangi miniatur setengah jadi. ’’Ya, ini semua bikinan saya, seluruhnya dari bambu,’’ terangnya.

Kerajinan yang dihasilkan selama ini seluruhnya terbuat dari bambu. Tak perlu jauh-jauh. Bahan bambu itu didapatkan dari kebun belakang rumahnya sendiri. ’’Awalnya bambu dipotong kemudian diraut tipis sampai berbentuk lembaran,’’ imbuh dia.

Tujuan dibuatnya lembaran tipis itu agar ketika proses pembentukan bisa dilakukan dengan mudah. ’’Setelah itu lembaran dijemur sampai kering,’’ sambung Idris.

Proses inilah yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Sebab, selama ini dia tak pernah memakai ukuran ataupun mal. Idenya muncul tiba-tiba dan menyesuaikan dengan apa yang ada dalam pikirannya. ’’Sehingga bentuk yang sudah jadi tidak pernah ada yang sama,’’ terang dia.

Uniknya, kerajinan yang dia hasilkan tak pernah memanfaatkan cat warna. ’’Cukup pakai vernis,’’ terangnya lagi. Alasannya, warna bambu dinilai sudah bagus sehingga tak perlu ditambah warna apapun pada hasil kerajinan yang sudah dia buat.

Tak hanya itu, seluruh bagian bambu yang sudah dipotong juga terpakai. Tidak ada satupun yang dibuang. ’’Dari mulai lidi, bekas rautan masih bisa dibuat anyaman menjadi bentuk orang atau hewan,’’ beber Idris.

Hasil karyanya pun begitu banyak. Mulai dari miniatur kapal, truk, gerobak, wadah lampu hingga kincir air. Biasanya hasil karyanya itu dijual secara online. Harganya bervariasi, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per unit. ’’Harga bergantung kesulitan membuat dan besar kecil ukurannya,’’ pungkas dia. (bin/jif)

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP