alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Balai Gakkum KLHK Tangkap Tangan Truk Berisi Limbah B3

17 Oktober 2020, 12: 59: 38 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Truk limbah kena OTT Gakkum KLHK

Truk limbah kena OTT Gakkum KLHK (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANGBalai Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra) baru beraksi di Jombang. Mereka menangkap truk berisi limbah bahan beracun berbahaya (B3) di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito. Hingga kini, barang bukti masih dititipkan di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang. ”Penangkapannya kita lakukan pada 24 September  2020 lalu, kasusnya sekarang masih ditangani,” terang Muhammad Nur, kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Jabalnusra kepada Jawa Pos Radar Jombang, Jumat (16/10/2020).

Operasi tangkap tangan (OTT) ini bermula dari sejumlah penyidik. Balai Gakkum mencium masih adanya kegiatan pembuangan limbah B3 secara ilegal. ”Dari informasi itu, kami melakukan patroli di wilayah Sumobito,” lanjutnya.

Petugas melihat sebuah truk milik salah satu perusahaan transportasi sedang membawa muatan berisi limbah B3.

Saat dibuntuti petugas, truk itu tak mengarah pada pengolah atau pemusnah limbah yang seharusnya. ”Truk ini justru mengarah ke pengolah limbah lain yang tak memiliki izin, hingga penggerebekan dilakukan di lokasi,” tambahnya.

Dalam operasi itu, Nur menyebut tiga orang diamankan dan dilakukan pemeriksaan. ”Sopir, transporter pengirim limbah, juga penerima limbah yang akan ditempati,” terangnya.

Selain itu, petugas juga mengamankan satu unit kendaraan truk. ”Ada juga sebuah truk milik perusahaan transporter yang kami ikut sita, truk ini masih ada limbah B3-nya, sekarang dititipkan di kantor DLH Jombang,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyebut, kasus ini kini telah naik statusnya ke tingkat penyidikan setelah gelar perkara gabungan dilakukan. ”Gelar perkara bersama Polda Jatim juga dinas terkait juga sudah. Untuk tersangka belum, sementara pihak transporter yang statusnya jadi terlapor,” tambahnya.

Hal itu, mengacu pada perbuatan si transporter ini yang disebutnya telah menyalahi izin dan wewenangnya. ”Jadi transporter ini dia punya izin, tapi dia menyalahgunakan izinnya,” pungkasnya.

Sementara pantauan di kantor DLH, truk berwarna biru kuning dengan tulisan PT Surya Abadi Saputra Perkasa bernopol S 8157 UX ini terparkir di gudang mobil samping kantor DLH Jombang.

Bagian atas truk ini terlihat tertutup terpal hitam, tak terlihat apa isi di dalam bak truk itu.

Dikonfirmasi terpisah, Yuli Inayati, kabid Wasdal Gakkum DLH Jombang membenarkan ada truk titipan dari Balai Gakkum berkaitan dengan penindakan di wilayah Jombang. ”Yang jelas kita cuma dititipi saja, itu dari Balai Gakkum yang melakukan, penindakannya di Jombang,” singkatnya. (riz/naz/jif)

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP