alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dipasang Plang Larangan, Aktivitas Cari Koin Kuno di Bareng Berhenti

17 Oktober 2020, 11: 46: 22 WIB | editor : Rojiful Mamduh

LARANGAN: Aktivitas cari koin kuno di Bareng berhenti

LARANGAN: Aktivitas cari koin kuno di Bareng berhenti (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Pemerintah Desa/Kecamatan Bareng akhirnya melarang aktivitas pencarian koin kuno. Mereka memasang plang larangan di depan sawah yang jadi lokasi perburuan. ’’Plang sudah kami pasang sejak Selasa (13/10/2020), setelah dapat pemberitahuan dari Dinas P dan K,” terang Kasianto, kepala Desa Bareng, Jumat 16/10/2020).

Dalam plang itu terdapat tulisan beberapa pasal yang bisa dikenakan kepada warga jika tetap melakukan aktivitas perburuan koin liar. Sejak saat itu tidak ada lagi warga yang berusaha mencari harta karun di sawah.

Sawah memang terlihat sepi. Meski kondisi bekas galian tanah yang dilakukan warga masih terlihat jelas, khususnya di bagian tengah sawah. “Kita juga sudah imbau warga, karena itu benda purbakala, jadi tidak boleh diambil seenaknya,” lanjutnya.

Kendati demikian, hingga kemarin Kasianto menyebut belum bisa menginventarisir jumlah seluruh koin yang sudah didapatkan warga. Karena memang siapa saja yang berburu koin belum didata.

“Yang dapat banyak kemarin memang sudah ada yang dijual, tapi yang dapat sedikit masih disimpan, kalau totalnya berapa kita sendiri belum tahu,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah warga Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang ramai-ramai mencari koin di area persawahan. Koin bolong atau mata uang kepeng itu ditemukan terpendam di bawah tanah sawah dengan kedalaman kurang dari 50 centimeter.

Bahkan, dari dua minggu perburuan, koin kuno yang ditemukan beberapa warga sudah mencapai 15 kilogram. Benda kuno itu kemudian dijual seharga Rp 100 ribu perkilogram. Selain menemukan koin, warga juga menemukan sejumlah benda kuno lain seperti pecahan gerabah hingga pecahan keramik. (riz/bin/jif)

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP