alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Nemu Koin Kuno, Warga Bareng Belum Lapor Kades dan Dinas P dan K

14 Oktober 2020, 13: 48: 18 WIB | editor : Rojiful Mamduh

arga Bareng belum lapor Kades dan Dinas P & K

arga Bareng belum lapor Kades dan Dinas P & K (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG -  Warga Desa/Kecamatan Bareng yang menemukan koin kuno ternyata belum lapor ke pemerintah desa serta  dinas P dan K Jombang. Dinas akan turun untuk meminta warga agar tidak mencari koin kuno. ’’Kami akan meminta warga agar berhenti mencarinya. Karena ini masuk cagar budaya,” kata Anom Antono, plt kepala Bidang Kebudayaan Dinas P dan K Jombang, Selasa (13/10/2020).

Untuk  itu dia akan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Agar warga tak terus-terusan mengeruk dan mencari koin kuno secara liar.

“Karena itu ada aturan mainnya,” lanjutnya. Dia mengaku hingga kini belum ada laporan resmi yang masuk kepadanya berkaitan dengan temuan koin kuno tersebut. Untuk mengetahui lebih detail, pihaknya akan segera turun ke lapangan. “Saya juga belum pernah melihat berupa apa, sehingga belum bisa memberikan jawaban berapa jumlahnya,” tegas Anom.

Senada, Kasiyanto Kepala Desa/Kecamatan Bareng, mengaku belum menerima informasi lengkap juga laporan resmi terkait penemuan koin kuno dari warganya. “Saya malah nggak terlalu mengikuti, ya dengar ada warga yang mencungkil sawahnya kemudian menemukan uang gobok, kemudian banyak warga yang ikut mencari,” ucapnya.

Meski sempat melihat aktivitas perburuan koin di sawah, Kasiyanto tidak tahu pasti berapa jumlah total koin yang telah ditemukan warga. “Saya cuma melihat kemarin, kok ramai ada apa, ternyata warga cari koin. Nemu­-nya juga satu dua keping saja,” pungkas dia. (riz/bin/jif)

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP