alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

MTsN 9 Jombang Punya Buku Modul Mudah dan Cepat Menghafal Alquran

12 Oktober 2020, 13: 17: 49 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MTsN 9 Jombang punya buku modul menghafal Alquran

MTsN 9 Jombang punya buku modul menghafal Alquran

Share this      

UNTUK memaksimalkan program tahfidzul quran, MTsN 9 Jombang di Desa Tanjunganom, Kecamatan Diwek sudah memiliki modul khusus. Melalui modul ini, siswa lebih mudah dan cepat menghafal.

Nurul Huda Kepala MTsN 9 Jombang menerangkan, modul berbentuk buku. Dilengkapi dengan cara menghafal atau pun metodenya. ’’Jadi modul ini dari madrasah untuk pendukung mereka yang hafalan juz 1-5. Sehingga kita punya acuan,’’ kata Nurul.

Dengan adanya modul itu, lanjut Nurul Huda, kegiatan menghafal dikemas secara sistematis dan menarik. ’’Ini sebagai panduan anak-anak untuk mempelajari. Biar arahnya jelas. Makanya ada modul, jadi kita tidak hanya sekedar menugaskan tanpa ada modul. Kan kalau begini enak, sudah ada acuannya,’’ imbuh dia.

Selain hafalan Alquan, madrasah juga punya program lain. Di antaranya setiap pagi sebelum mata pelajaran dimulai dilaksanakan salat dhuha berjamaah.

Setelah itu, para siswa mengikuti tartil Alquran. ’’Jadi membaca bersama beberapa surat. Kemudian mereka yang sudah hafal juz amma ikut memandu,’’ terang dia.

Sayang, karena pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar kini dilakukan daring. Sementara hanya fokus ke pembelajaran.

Kendati begitu, pada 2019 lalu, sudah ada sedikitnya 50 siswa yang diwisuda usai hafal juz 30. ’’Untuk hafalan juz 1-5 masih belum. Akan tetapi kemarin sudah ada wisuda untuk 40-50 siswa yang hafal juz 30,’’ beber dia.

Disebutkan, MTsN 9 Jombang total ada 622 siswa. Visi dari madrasah yang berada di pinggir jalan kabupaten ini, yakni beriman, bertaqwa, berilmu, berakhlakul karimah, unggul dalam prestasi dan berwawasan lingkungan. ’’Misi madrasah mewujudkan siswa yang religius dan berakhlakul karimah serta memiliki pemahaman pelestarian lingkungan hidup,’’ beber dia.

Selanjutnya, yakni mewujudkan siswa berprestasi dan memiliki daya kompetitif tinggi. ’’Meningkatkan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan. Terintegrasi dalam program pendidikan lingkungan hidup,’’ pungkas Nurul. (fid/naz/jif)

 

Prestasi Siswa MTsN 9 Jombang

·         Juara 1 catur putri aksioma tingkat kabupaten.

·         Juara 2 lari 3.000 meter putra Aksioma tingkat kabupaten.

·         Juara 3 lompat jauh putri aksioma tingkat kabupaten.

·         Juara 3 tolak peluru putra aksioma tingkat kabupaten.

·         Juara 2 pidato bahasa Indonesia putera aksioma tingkat kabupaten.

·         Juara 1 lomba kaligrafi tingkat kabupaten.

·         Juara 2 lomba cerdas cermat PAI SMP/MTs tingkat kabupaten.

·         Juara 2 lomba UKS tingkat kabupaten.

·         Juara 1 olimpiade bidang studi IPS tingkat kabupaten.

·         Juara 1 KSM bidang studi fisika tingkat kabupaten.

Sumber: MTsN 9 Jombang

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP