alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
MTsN 9 Jombang Punya Program Unggulan Tahfidz

Bentuk Karakter Siswa dengan Hafalan Alquran

12 Oktober 2020, 11: 38: 11 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MTsN 9 Jombang punya program unggulan tahfidz Quran

MTsN 9 Jombang punya program unggulan tahfidz Quran (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Tidak hanya fokus ke nilai akademik siswa, MTsN 9 Jombang di Desa Tanjunganom, Kecamatan Diwek juga punya program unggulan tahfidzul quran. Yakni hafalan juz satu sampai lima, dan hafalan juz 30 atau juz amma.

Nurul Huda, Kepala MTsN 9 Jombang menerangkan, untuk tahun ini pihaknya punya program khusus, yakni menghafal ayat Alquran juz satu sampai dengan lima bagi siswa kelas VII. ’’Jadi program tahfidzul quran ini teknisnya kemarin, ketika pendaftaran kita saring. Bagi mereka yang sudah hafal juz amma atau juz 30 kita bebaskan tes masuk,’’ kata Nurul kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Dijelaskan, mereka yang sudah hafal juz amma selajutnya diarahkan mengikuti program itu. ’’Untuk menampung yang sudah selesai kita lanjutkan hafalan juz 1 sampai dengan juz 5,’’ imbuh dia.

Selain membentuk karakter siswa dengan jiwa qurani, juga dipersiapkan untuk mengikuti lomba Porseni Jawa Timur. ’’Jadi lomba itu kan hafalan juz 1-5, sehingga kita punya acuan. Anak-anak yang sudah hafal juz amma kita pandu untuk ikut itu,’’ sambung Nurul.

Teknisnya lanjut dia, hafalan dilakukan seusai jam pelajaran atau masuk kegiatan ekstrakurikuler madrasah. ’’Mereka dipandu guru di luar pelajaran. Gurunya juga sudah kompeten, karena mereka sudah hafal,’’ terang dia.

Tidak hanya itu lanjut Nurul, para siswa yang belum hafal juz amma juga ikut digembleng. Diharapkan hingga lulus madrasah sudah bisa hafal juz amma. ’’Jadi untuk hafalan juz amma ini sebenarnya sudah berjalan lama, hanya juz 1-5 yang baru kita laksanakan tahun ini,’’ beber dia.

Pihaknya memilih program itu, selain dipersiapkan mengikuti lomba, diharapkan usai lulus madrasah sudah hafal juz amma. ’’Jadi kita modali anak-anak dengan Alquran sebagai benteng diri supaya membentuk akhlakul karimah. Biarpun tidak bisa semua, paling tidak masih ada. Jadi dengan pembiasaan itu baik di rumah atau di sekolah bisa dirasakan masyarakat sekitar,’’ terang dia.

Selain itu, pentingnya siswa dibekali hafalan Alquran, agar siap mengabdi di lingkungannya masing-masing. ’’Paling tidak hafal juz 30 ini ketika ikut jamaah sudah bisa mengikuti, istilahnya masak alumni MTs tidak bisa,’’ pungkas Nurul (fid/naz/jif)

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP