alexametrics
Selasa, 22 Jun 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events
SMPN Bandar KDM Wujudkan Sekolah Literasi

Juara Cerdas Cermat Islam, Siswa Berhasil Terbitkan Buku

12 Oktober 2020, 11: 14: 09 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KOMPAK: Para siswa berprestasi peserta gerakan sekolah menulis buku foto bersama bapak ibu guru

KOMPAK: Para siswa berprestasi peserta gerakan sekolah menulis buku foto bersama bapak ibu guru (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – SMPN Bandarkedungmulyo berupaya mewujudkan sekolah literasi nasional. Sebanyak tiga siswa juara cerdas cermat islam (CCI) tingkat Kabupaten Jombang dan peserta gerakan sekolah menulis buku kemarin (10/10) diberikan penghargaan.

Hadir dalam kesempatan itu, Sulaikan Pengawas Pembina Sekolah, Ketua Komite Zainul Arifin, serta 51 siswa didampingi wali murid yang dibagi dalam dua sesi. Dalam sambutannya, Kepala SMPN Bandarkedungmulyo Dra Listyowati M.Pd menyampaikan, penghargaan diberikan kepada siswa yang berhasil meraih juara 3 lomba cerdas cermat islam (CCI) yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. ”Alhamdulillah dalam lomba CCI tingkat Kabupaten yang dilaksanakan 1-2 September lalu, kita berhasil meraih juara 3,’’ ujar dia kemarin.

Penghargaan kedua diberikan kepada 51 siswa yang berhasil membuat buku berjudul “Negeri Para Penyala” dalam event gerakan sekolah menulis buku yang diadakan panitian festival literasi nasional 2020 di Surakarta, Jawa Tengah, 12 Maret lalu. ”Ini merupakan kiat kita mewujudkan sekolah literasi nasional,’’ tambahnya.

Baca juga: Bantuan Gubernur Melalui Bank Jatim Wujud Penguatan Ekonomi Masyarakat

Listyowati menambahkan, untuk mendukung SMPN Bandarkedungmulyo menjadi sekolah literasi nasional, salah satunya dengan membiasakan siswa siswinya gemar membaca buku, termasuk sebelum memulai pelajaran. ”Pembiasaan diri kita mulai sejak lama. Siswa kita ajak membaca buku bacaan selain buku mapel. Dari situ kemudian mereka kita ajarkan menulis cerpen, atau puisi yang selanjutnya ditempelkan di mading,’’ pungkasnya. (ang/naz/jif)

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP