alexametrics
Selasa, 20 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Dewan PKB dan PPP Kompak Minta DLH Tangani Limbah B3 Bandarkedungmulyo

12 Oktober 2020, 08: 21: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

DLH Jombang harus tangani limbah B3 Bandarkedungmulyo

DLH Jombang harus tangani limbah B3 Bandarkedungmulyo (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Para wakil rakyat mendesak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera menangani limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Kecamatan Bandarkedungmulyo. Desakan disampaikan anggota DPRD dari PKB Miftahul Huda dan politisi PPP, Lutfi Kurniawan.

’’Kita minta limbahnya segera dipindahkan. Jangan dibiarkan seperti itu karena bisa membahayakan masyarakat,’’ kata Miftahul Huda anggota Komisi C DPRD Jombang, Sabtu (10/10/2020).

Sampai kini, kimbah B3 masih berada di Desa Tinggar dan Karangdagangan. Padahal, perjanjiannya dulu limbah harus segera dipindahkan. ’’DLH Jombang maupun Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra) harus bergerak cepat,’’ tegasnya.

Harus ada tindakan tegas bagi pemilik atau pembuang limbah. ”Kalau tidak ditindak tegas, nanti akan terus terulang,” tandasnya. Tindakan tegas juga memberi efek jera kepada pelaku yang tetap membuang limbah B3 sembarangan.

Hal senada disampaikan anggota Komisi C dari PPP, Lutfi Kurniawan. Menurutnya, pemindahan limbah B3 sangat penting untuk keselamatan bersama. ”Limbah B3 ini kan sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat,” ucapnya.

 Dia melihat ada permainan bisnis sehingga dari waktu ke waktu, limbah selalu dibuang sembarangan. ’’Karena itulah harus segera ada tindakan, ” pungkas Lutfi.

Sebelumnya, Kabid Wasdal Gakkum DLH Jombang, Yuli Inayati, menyatakan, seluruh proses hukum sekarang tengah berjalan. ’’Prosesnya sudah kita pasrahkan ke Balai Gakkum KLHK,” katanya, Kamis (8/10/2020). (yan/bin/jif)

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP