alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

BLT UMKM Mulai Cair, Pemkab Jombang Justru Belum Terima Data Penerima

30 September 2020, 15: 55: 00 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

DEMI BANTUAN: Ribuan warga mengantre di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang untuk mengusulkan bantuan awal September lalu.

DEMI BANTUAN: Ribuan warga mengantre di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang untuk mengusulkan bantuan awal September lalu. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Bantuan langsung tunai (BLT) UMKM dari Kemenkop dan UKM dikabarkan mulai cair, kemarin (29/9). Namun, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jombang belum mengantongi nama-nama penerima bantuan.

”Benar, ada beberapa warga yang melakukan konfirmasi ke kami kalau mereka sudah menerima bantuan,” ujar Aries Yuswantono Kabid Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jombang, kemarin (29/9).

Dijelaskan, ada tiga warga Desa Pucangro, Kecamatan Gudo yang sudah mendapat transfer uang tunai sebesar Rp 2,4 juta dari BRI. Setelah dilakukan kroscek ke bank yang bersangkutan ternyata benar.

”Tadi orangnya sudah ke bank. Sudah membuat surat pernyataan bermaterai untuk proses pencairan,” jelas dia.

Hanya saja, pihaknya menjadi bingung karena tidak mengetahui data penerima. Pencairan dilakukan pusat secara langsung dengan mengirimkan bantaun ke rekening masing-masing penerima. ”Sampai sekarang kami belum mengantongi jumlah penerima bantuan atau yang sudah lolos verifikasi,” tambah dia.

Dari total 63.202 warga Jombang yang diusulkan ke pusat untuk menerima BLT UMKM beberapa waktu lalu, hingga kini belum ada jawaban atau pemberitahuan, ada berapa yang lolos verifikasi. ”Hanya tiga orang yang sudah konfirmasi ke kita,” paparnya.

Disinggung mengenai proses verifikasi BLT UMKM yang dilakukan pemerintah, Aries menyebut sudah dilakukan dengan meminta bank Himbara kepada masing-masing pengusul. ”Teknis verifikasi yang dilakukan bank memang beda-beda. Kalau sudah masuk rekening tentu lolos verifikasi,” jelas dia.

Selanjutnya ia akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur serta bank Himbara untuk meminta data penerima bantuan. ”Yang lolos verifikasi, karena data ini penting kalau nanti ada yang bertanya atau konfirmasi,” pungkasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP