alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Mahasiswa Unipdu Ngaji Jurnalistik di Jawa Pos Radar Jombang

25 September 2020, 10: 38: 30 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Mahasiswa Unipdu Jombang mendengarkan paparan dari kru Jawa Pos Radar Jombang mengenai sistem kerja produksi di media massa.

Mahasiswa Unipdu Jombang mendengarkan paparan dari kru Jawa Pos Radar Jombang mengenai sistem kerja produksi di media massa. (MARDIANSYAH TRIRAHARJO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang, kemarin (24/9) berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Jombang di Jl Airlangga 10 Jombang. Kunjungan ini untuk menambah pengetahuan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah alternatif Digital Konten.

Endang Suciati Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bisnis dan Bahasa Unipdu Jombang menyampaikan, kunjungan redaksi sekaligus diklat jurnalistik singkat ini untuk menambah kemampuan mahasiswa dari luar kampus, terutama di bidang jurnalistik.

“Mahasiswa bersama dengan dosen pengampu mata kuliah mengunjungi Jawa Pos Radar Jombang langsung di ruang redaksi. Mereka ingin mendapat penjelasan panjang lebar tentang sistem kerja dan produksi media massa,” katanya. Terutama alur pembuatan berita dari mulai pencarian sampai proses terbit.

Dosen pendamping, kru Jawa Pos Radar Jombang bersama mahasiswa peserta ngaji Jurnalistik

Dosen pendamping, kru Jawa Pos Radar Jombang bersama mahasiswa peserta ngaji Jurnalistik (MARDIANSYAH TRIRAHARJO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Selain itu, mereka juga mendapat pemaparan tentang proses distribusi koran sampai ke tangan pembaca. Selain belajar tentang media massa koran, mahasiswa juga dikenalkan dengan media online. Baik tentang pengelolaan maupun manajemen.

“Di kampus, mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah alternatif Digital Konten berasal dari lintas fakultas. Tidak hanya bisnis dan bahasa, tapi teknik dan agama juga ada,” imbuhnya.

Dalam mata kuliah alternatif ini mahasiswa mendapat tiga submateri. Di antaranya public speaking, media sosial, dan jurnalistik dasar. “Untuk media sosial, yang dipilih adalah Youtube. Meskipun hanya dasar, tapi jurnalistik tetap dibutuhkan agar konten yang dihasilkan terjaga mutu dan kualitasnya,” pungkas Endang.

Dengan penuh antusias, mahasiswa menyimak penjelasan yang dipaparkan tim redaksi Jawa Pos Radar Jombang. Materi tentang manajemen bisnis media massa disampaikan Sulton Arif. Teknis dasar penulisan disampaikan Rojiful Mamduh. Media siber disampaikan Mardiansyah Triraharjo, editor radarjombang.jawapos.com. Melengkapi pengetahuan seputar jurnalistik serta suka duka menjadi wartawan, disampaikan M Nasikhudin. (mar)

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP