alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Bentuk TRC, Satpol PP Jombang Optimistis Lebih Cepat Layani Masyarakat

24 September 2020, 08: 39: 46 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Agar melayani masyarakat dengan cepat terkait ketertiban umum, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jombang membentuk TRC (Tim Reaksi Cepat).

Agar melayani masyarakat dengan cepat terkait ketertiban umum, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jombang membentuk TRC (Tim Reaksi Cepat). (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Agar melayani masyarakat dengan cepat terkait ketertiban umum, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jombang membentuk TRC (Tim Reaksi Cepat). Tim ini sangat efektif mengatasi pelanggar-pelanggar perda (peraturan daerah) dengan cepat.

Agus Susilo Sugioto, Kepala Satpol PP Jombang mengatakan, untuk menjawab tantangan dan menyiasati jumlah rasio anggota Satpol PP yang lebih kecil dibandingkan dengan luas wilayah yang besar, mobilitas perlu ditingkatkan.

Salah satunya dengan mengutamakan kecepatan dan mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada. ”Untuk itu saya keluar inovasi, yaitu pembentukan TRC Satpol PP. Sehingga, kita bisa hadir di mana pun dibutuhkan, lebih cepat, lebih tepat sasaran,” terangnya.

Agus Susilo Sugioto, Kepala Satpol PP Jombang

Agus Susilo Sugioto, Kepala Satpol PP Jombang (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Salah satu contoh, aksi sigap Satpol PP menindak penyakit masyarakat (pekat). ”Seperti kemarin, ada laporan dari masyarakat adanya kos-kosan yang sering dibuat mesum. Akhirnya, berselang 5 menit kita langsung tindak,” katanya.

Dijelaskannya, peran penting pembentukan TRC Satpol PP untuk menjalankan tugas dan layanan prima ke masyarakat.

Hal itu lanjut kasatpol, sesuai yang diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2016 tentang Satuan Polisi Pamong Praja serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang  Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat.

Selain itu, Peraturan Bupati Jombang Nomor 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengendalian Ketenteraman dan Ketertiban Umum di Kabupaten Jombang. ”Tim ini dibagi tiga shif, pagi, siang dan malam. Sehingga bisa melayani atau menindaklanjuti laporan masyarakat 24 jam,” katanya.

Agus menambahkan, Satpol PP Jombang juga meraih peringkat pertama kinerja meningkat dan meraih peringkat ketiga OPD se Kabupaten Jombang dari penilaian indek kepuasan masyarakat (IKM). ”Alhamdulillah, dengan adanya tim ini, penilaian masyarakat ke Satpol PP meningkat dan meraih nilai 95,22. Sehingga menjadi peringkat ke tiga OPD se Jombang,” pungkas Agus.

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP