alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Terus Berkembang, RSUD Ploso Kini Miliki Gedung Khusus Covid-19

24 September 2020, 08: 37: 51 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

INOVASI: Direktur RSUD Ploso, dr Acmad Iskandar Dzulqornain di depan lab mikrobiologi (PCR), kemarin.

INOVASI: Direktur RSUD Ploso, dr Acmad Iskandar Dzulqornain di depan lab mikrobiologi (PCR), kemarin. (ROJIFUL MAMDUH/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Sejak menjabat 2018, Bupati Mundjidah dan Wabup Sumrambah mendorong RSUD Ploso meningkatkan pelayanan. Sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) pun dipacu. Pembangunan gedung empat lantai dilakukan.

“Sekarang sedang pengerjaan lantai tiga. Karena ada pandemi, saat ini gedungnya kita manfaatkan khusus untuk pelayanan Covid-19,” kata Direktur RSUD Ploso dr Acmad Iskandar Dzulqornain, kemarin.

Hal itu dilakukan guna memaksimalkan penanganan Covid-19. Fasilitas gedung pelayanan Covid-19 sangat lengkap. Ada lab mikrobiologi (PCR) untuk pemeriksaan uji swab, hasil kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat. Kapasitasnya, sehari bisa memeriksa 100 orang. “Karena untuk penanggulangan, pemeriksaan uji swab di sini gratis,” terangnya.

Selain itu, ada ruang operasi khusus Covid-19, ruang persalinan khusus Covid-19 serta UGD khusus Covid-19. Ruang isolasinya bisa diisi 35-45 bed. “Pasien Covid-19 tidak boleh campur dengan pasien lain. Makanya kita sendirikan dalam gedung baru ini,” jelas dia.

UGD, ruang persalinan, ruang operasi dan rawat inap untuk pasien umum menempati gedung lain yang berjarak 50 meter.

SDM RSUD Ploso juga semakin bagus. “Kita punya 17 dokter spesialis. Ada spesialis anak, bedah, dalam, obgyn, radiologi, patologi klinis, syaraf, kulit dan spesialis gigi ortodontis,” pungkasnya.

(jo/jif/mar/JPR)

 TOP