alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Buat Kesepakatan dengan BBWS, Percepat Penanganan Kerusakan Saluran

24 September 2020, 08: 28: 36 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Perjanjian ditandatangani langsung Bupati Hj Mundjidah Wahab dan Kepala BBWS Brantas M Rizal di Pendopo Kabupaten Jombang (16/9) lalu.

Perjanjian ditandatangani langsung Bupati Hj Mundjidah Wahab dan Kepala BBWS Brantas M Rizal di Pendopo Kabupaten Jombang (16/9) lalu. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG - Dua tahun kepemimpinan Bupati Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah, dimaknai Dinas PUPR sebagai pemicu semangat untuk terus bekerja dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

“Dengan empat bidang yang kita punya, Bidang Tata Ruang, Tata Bangunan, Bina Marga dan Sumber Daya Air, hingga kini masih terus bekerja untuk mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing,” tegas Kepala Dinas PUPR Jombang Miftahul Ulum.

Melalui Bidang Sumberdaya Air, pemkab juga membuat terobosan dengan membuat perjanjian kerjasama dengan BBWS. Dengan perjanjian itu penanganan kerusakan saluran yang jadi wewenang BBWS di dua jaringan irigasi yang melintas di Jombang kini akan lebih cepat ditanggulangi.

Perjanjian ditandatangani langsung Bupati Hj Mundjidah Wahab dan Kepala BBWS Brantas M Rizal di Pendopo Kabupaten Jombang (16/9) lalu. “Isi perjanjian ini perihal pembagian peran dalam penanggunalan banjir, operasi dan pemelihataan sungai serta jaringan isigasi di Kabupaten Jombang,” terang Miftahul Ulum Kepala Dinas PUPR.

Adapun objek perjanjian ini jaringan irigasi dari dua irigasi induk, yakni jaringan Daerah Irigasi Siman dan Daerah Irigasi Mrican Kanan. “Sementara untuk yang masuk ruang lingkup perjanjiannya penanganan darurat tanggul jebol, pengangkatan sedimen dan enceng gondok, dan operasi pemeliharaan,” lanjutnya.

Dengan perjanjian itu setiap ada kerusakan pada tanggul, ataupun kebutuhan penanganan sedimen dan sampah, Pemkab Jombang akan bisa lebih cepat menangani. “Jadi cukup memberitahu ke BBWS, penanganan darurat bisa langsung kita lakukan,” tambah Ulum.

Segala kerusakan yang mendesak dan butuh penanganan cepat dalam jangka waktu pendek, seluruhnya bisa langsung dikerjakan Pemkab Jombang. “Jadi ada pembagian peran, kalau mendesak langsung kita bisa tangani, sementara untuk penanganan jangka panjang, tetap di pemerintah pusat lewat BBWS,” pungkasnya. 

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP