alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Lewat Aplikasi Online, Perumdam Tirta Kencana Siap Layani Pelanggan

24 September 2020, 08: 09: 13 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Perumdam Tirta Kencana Jombang siap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Perumdam Tirta Kencana Jombang siap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Perumdam Tirta Kencana berkomitmen memudahkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Jombang. Kini telah tersedia aplikasi layanan secara online yang dapat diunduh melalui play store. Ada juga tim Gercep (gerak cepat) yang siap melayani pengaduan 24 jam non stop.

“Kami siap layani masyarakat agar lebih mudah melakukan cek tagihan, bayar online, hingga pengaduan jika ada gangguan,” kata Khoirul Hasyim, Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang. BUMD milik Pemkab Jombang ini juga memiliki program SRMBR (sambungan rumah masyarakat berpenghasilan rendah) di perkotaan.

“Atau hibah air minum di perkotaan. Sekarang pengusulan warga, yang berhak adalah warga Jombang maksimal listrik 1.300 watt. Jika normal bayar Rp 1 juta, maka menjadi Rp 250 ribu saja. Realisasi 2021,” jelasnya.

Khoirul Hasyim Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang.

Khoirul Hasyim Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Program SRMBR tujuannya untuk perluasan pelayanan air minum, serta pemenuhan Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Minum (RISPAM) 100 persen. Saat ini Perumdam Tirta Kencana juga sedang melakukan program klorinasi atau penggunaan gas klor untuk pemurnian air. Sehingga air menjadi bersih dan layak minum. “Klorinasi ini untuk meningkatkan kualitas air,” jelasnya.

Hasyim menjelaskan, pihaknya juga berupaya mencari akar permasalahan krisis air di sejumlah titik. Termasuk di wilayah Bareng yang belakangan menuai keluhan dari warga. Ia berpendapat, memberikan air bersih kepada warga melalui tangki yang dikirim setiap hari bukan solusi tepat.

“Kami cari akar permasalahannya. Air itu ada dan cukup, tapi banyak sekali sambungan ilegal ke lahan pertanian warga. Sehingga kebutuhan air tidak cukup untuk perkampungan, dan itu sudah kami selesaikan,” jelasnya.

Program unggulan lainnya adalah sistem one day service. Atau hari ini daftar, hari ini air mengalir. “Biasanya lama sekali. Sampai menunggu berbulan-bulan. Sekarang tidak lagi. Hari ini input data, lengkapi persyaratan, hari itu juga air mengalir,” jelasnya.

Berbagai terobosan juga diwujudkan dalam dua tahun terakhir. Jika sebelumnya hanya perusahaan daerah, kini Tirta Kencana telah menjadi perusahaan umum daerah.

“Bedanya sangat signifikan. Salah satunya pendampingan penyertaan modal. Jika sebelumnya di bawah Rp 50 miliar, sekarang setelah menjadi perusahaan umum bisa di atas Rp 100 miliar. Kami juga diperbolehkan memiliki anak perusahaan,” ungkap Hasyim.

Selain itu ada juga program survei pelayanan yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan stratified random sampling di seluruh wilayah Jombang. Serta program pelanggan dan nonpelanggan yang bertujuan untuk menerka sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat.

“Inti program tersebut adalah perbaikan pelayanan kepada pelanggan agar Perumdam semakin baik dan berkah,” tegasnya. Sinergitas antara Perumdam Tirta kencana dengan OPD terkait juga sangat erat. Seperti dengan Dinas Perkim, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan DPMPTSP. “Sehingga pelayanan dan akses air bersih bagi masyarakat Jombang lebih maksimal,” pungkas Hasyim.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP