alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Capai Ketahanan Pangan, Maksimalkan Lumbung dan Gerakan Makan Ikan

24 September 2020, 08: 03: 08 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Murti Cahyani (kanan), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang bersama Bupati Hj Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah.

Murti Cahyani (kanan), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang bersama Bupati Hj Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah. (DINAS KETAHANAN PANGAN dan PERIKANAN for JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang tahun ini serius menangani dua program. Yakni memaksimalkan lumbung pangan dan gerakan makan ikan. Program ini dilakukan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di Jombang.

Murti Cahyani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang mengungkapkan, program tahun ini yang ditonjolkan terkait pembinaan lumbung pangan dan gerakan makan ikan.

“Jadi pembinaan lumbung pangan masyarakat mengantisipasi cadangan pangan. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 seperti ini cadangan pangan masyarakat urgent, jadi kita optimalkan,” katanya.

Salah satu stand milik Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang dalam sebuah event.

Salah satu stand milik Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang dalam sebuah event. (DINAS KETAHANAN PANGAN dan PERIKANAN for JAWA POS RADAR JOMBANG)

Disebutkan, ada sekitar 390 limbung pangan yang disiapkan. Data sementara yang dikantongi ada 16 desa yang masuk kategori tahan pangan. Istilahnya masuk wilayah lampu kuning sehingga harus segera diatasi. “Artinya kalau tidak segera diatasi akan mendekati kategori rawan pangan,” imbuh dia.

Untuk itu pihaknya intens melakukan upaya. “Jadi sebenarnya kita tidak bisa berjalan sendiri, karena ada di OPD lain. Sehingga melakukan pembinaan karena ada banyak indikator, mulai sarana air bersih, pendidikan dan kesehatan,” sambung dia.

Kedua, yakni peningkatan gizi masyarakat terutama yang mengalami stunting. “Karena itu gerakan makan ikan kita tonjolkan, terutama bagi anak sekolah,” ungkap Murti. Salah satu yang sudah dilakukan, bantuan budi daya ikan. “Ada juga penebaran ikan di perairan umum. Harapannya masyarakat bisa memaksimalkan konsumsi ikan di Jombang,” pungkas Murti.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP