alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Tumbuhkan Iklim Investasi, DPMPTSP Permudah Layanan Perizinan

24 September 2020, 07: 50: 56 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Aktivitas pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jombang.

Aktivitas pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jombang. (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Dua tahun kepemimpinan Bupati Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah, pertumbuhan ekonomi kabupaten Jombang terus meningkat. Meski masih pandemi Covid-19,  pertumbuhan iklim investasi tetap meningkat, bahkan melampaui target. Salah satu fokus program pemkab, mempermudah layanan perizinan.

”Perkembangan investasi di Jombang di luar perkiraan,” ujar Ilham Hero Koentjoro, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jombang, kemarin.

Pihaknya menyebut selama ini DPMPTSP berupaya maksimal mewujudkan layanan perizinan yang mudah dan cepat. Melalui kemudahan layanan perizinan, maka berdampak pada pertumbuhan iklim investasi. ”Ujungnya meningkatnya pendapatan daerah,” tandas Ilham.

Ilham Hero Koentjoro, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jombang.

Ilham Hero Koentjoro, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jombang. (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Ilham juga menambahkan, meski saat ini masih pandemi, investor yang masuk ke Jombang justru meningkat. Tahun ini, DPMPTSP menargetkan pertumbuhan invastasi sebesar Rp 1 triliun, sekarang sudah jauh terlampaui.

”Ini belum memasuki akhir tahun, investor yang masuk mencapai Rp 2 triliun lebih. Semula kita prediksi karena masa pandemi ada penurunan ekonomi, sehingga target kita turunkan dari Rp 1,5 triliun menjadi Rp 1 triliun. Akan tetapi di luar dugaan justru melebihi target sebelumnya,” tandas Mantan Kepala Dinas Pendapatan Jombang.

Tidak hanya itu, pengajuan pemohon izin di tahun ini juga sudah melebihi target. Tentu hal ini juga berpengaruh pada pendapatan asli daerah (PAD). Untuk PAD sendiri, Ilham Hero Koentjoro menegaskan, saat ini sudah mencapai sekitar Rp 2,6 miliar. ”Padahal targetnya Rp 1,75 miliar. Sama halnya investor PAD juga melebihi target,” tandas Ilham.

Disebutkan, DPMPTSP tidak akan bosan berinovasi, untuk menarik investor ke Jombang. Dengan begitu, perekonomian masyarakat juga akan terus berkembang. Dan mengurangi angka pengangguran di Jombang. ”Untuk ke depan memperbaiki kinerja seperti membuat arsip digital. Sehingga ini mempermudah untuk mencari berkas-berkas,” katanya.

Tidak hanya itu, untuk proses perizinan juga sudah melalui sistem online. Sehingga, para pemohon tidak perlu lagi datang ke kantor DPMPTSP untuk mengurus perizinan. ”Karena sudah ada OSS (Online Single Submission) untuk berusaha dan Sirindunona (Sistem Perizinan Terpadu Non Berusaha). Kami juga siap melayani pemohon yang masih kesulitan untuk mengakses melalui online,” bebernya.

Dia menambahkan, untuk mempercepat proses perizinan non berusaha. Pihaknya juga sudah menyiapkan tanda tangan elektronik. Sehingga, apabila dirinya bertugas luar daerah, proses perizinan tetap bisa berjalan tanpa ada kendala. ”Ini untuk mempercepat proses perizinan,” pungkas Ilham.

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP