alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Realisasi Kain Seragam Gratis untuk Siswa Jombang Tuntas 100 Persen

24 September 2020, 07: 29: 48 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

TUNTAS: Pendistribusian kain seragam gratis sudah tuntas 100 persen.

TUNTAS: Pendistribusian kain seragam gratis sudah tuntas 100 persen. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Program unggulan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah pemberian kain seragam gratis bagi siswa baru jenjang SD/MI dan SMP/MTs berjalan lancar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang merealisasikan program secara lancar serta berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Agus Purnomo menyampaikan, sejak program di launching 2019 lalu, pelaksanaan program berjalan lancar. ”Alhamdulillah selama dua tahun ini, pelaksanaan program unggulan ibu bupati berupa pemberian kain seragam gratis berjalan lancar,” ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (23/9).

Meski di tahun pertama ada sedikit kendala di lapangan. Namun, setelah dilakukan evaluasi, tahun ini bisa diminimalisir. ”Memang dari beberapa kendala, kita lakukan evaluasi. Dan alhamdulilah, tahun ini bisa berjalan dengan lancar baik dari sisi kualitas, waktu maupun pendistribusian,” jelas dia.

LOW PROFILE: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang Agus Purnomo.

LOW PROFILE: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang Agus Purnomo. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Dari hasil penilaian yang dilakukan Dinas P dan K, para wali murid merasa puas dengan program pemberian kain seragam gratis. Sebab, beban mereka membelikan seragam baru untuk anak menjadi berkurang. ”Saat ini kain seragam sudah terdistribusikan 100 persen kepada masing-masing wali murid,” terangnya.

Dia merinci, total ada 45.469 siswa baru mulai jenjang SD/MI-SMP/MTs baik negeri maupun swasta menerima kain seragam gratis.

Rinciannya, siswa SDN sebanyak 11.048 siswa, siswa MI sebanyak 8.583 siswa, siswa SMP sebanyak 14.500 siswa dan siswa MTs sebanyak 11.338 siswa. ”Setiap siswa menerima pembagian 2 kain seragam. Meliputi, kain seragam pramuka dan seragam kain nasional sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik. Sedangkan untuk seragam olahraga tahun ini kita tiadakan,” pungkasnya dia.

Gandeng Tim Ahli Balai Besar Tekstil Bandung

UNTUK memastikan kualitas kain seragam yang akan dibagikan ke siswa sesuai spesifikasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang menggandeng Balai Besar Tekstil (BBT) Bandung guna melakukan uji fisik kain seragam.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang,  Jumadi menyampaikan, uji fisik kain bersama tim ahli merupakan bagian dari kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang dengan Balai Besar Tekstil Bandung. ”Tahapan tersebut telah kita lakukan dan alhamdulillah, hasilnya kain sudah sesuai spefikasi dalam perencanaan kita,” ujar dia kemarin (23/9).

Jumadi menambahkan, hal tersebut memang harus dilakukan agar kain seragam yang akan diberikan ke siswa sudah benar-benar berkualitas sesuai standar yang ditetapkan Balai Besar Tekstil (BBT) Bandung. ”Artinya kami ingin kain yang kami berikan benar-benar berkualitas,” tambahnya.

Uji fisik dengan tim ahli lanjut Jumadi, dilakukan di kordinator wilayah kerja (korwilker) Kecamatan Jombang dan SMPN 3 Jombang pekan lalu, sebelum didistribusikan ke siswa. ”Setelah hasil keluar, kain kemudian kami distribusikan ke wali murid,” jelas dia.

Tak hanya itu, Jumadi memastikan pengadaan kain seragam gratis dilakukan secara transparan dan terbuka. Pihaknya melakukan pengadaan sejak awal tahun melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jombang. Pihak penyedia kain seragam pengadaan 2020 di antaranya, CV Sastra Guna Perkasa asal Denpasar Bali dan CV Wiradhikaz asal Malang. ”Jadi prosesnya transparan dan terbuka,” tandasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP