alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

FKUB Gelar Seminar untuk Guru SMP dan SMA se Jombang

23 September 2020, 10: 30: 29 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

KOMPAK: Ketua FKUB DR KH Isrofil Amar bersama Asisten 1 Anwar, Kepala Bakesbangpol Fahrudin Widodo serta para tokoh dalam pembukaan seminar di Aula Makodim, kemarin.

KOMPAK: Ketua FKUB DR KH Isrofil Amar bersama Asisten 1 Anwar, Kepala Bakesbangpol Fahrudin Widodo serta para tokoh dalam pembukaan seminar di Aula Makodim, kemarin. (ISTIMEWA)

Share this      

JOMBANG - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Kemarin, seminar guru SMP dan SMA se-Jombang digelar di aula Makodim 0814 dengan tema guyub rukun dalam keragaman demi keutuhan NKRI.

“Dalam situasi apapun, termasuk pandemi, kita harus tetap hidup rukun. Makanya FKUB tetap mengadakan kegiatan yang bertujuan menguatkan persatuan bangsa,” kata DR KH Isrofil Amar Ketua FKUB Jombang.

Seminar sengaja ditujukan bagi para guru karena punya peranan penting. “Guru sangat berperan dalam membina generasi muda. Makanya harus bisa menanamkan persatuan dan kerukunan,” pesannya.

Mantan ketua PCNU ini menjelaskan, yang dirukunkan itu umat atau pemeluk agamanya, bukan agamanya. Dia juga mengajak menjalankan etika umat beragama. Yakni saling menghormati, menghargai, pengertian dan saling memberi kesempatan.

Kepala Bakesbangpol Jombang Fakhruddin Widodo, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peranan umat beragama dalam mengatasi pandemi. “Pandemi tidak bisa diatasi hanya dengan teknologi. Namun dengan doa-doanya umat beragama,” paparnya.

Sementara, Anwar Asisten 1 yang mewakili Bupati Jombang mengapresiasi seminar tersebut karena bisa memupuk persatuan dan kerukunan di tengah perbedaan dan keragaman.

“Situasi umat beragama yang kondusif, rukun, damai dan bersatu sangat dibutuhkan terus menerus untuk mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing,” tegasnya.

Seminar ini menghadirkan tujuh narasumber. Yaitu KH Salmanuddin ketua PCNU, DR H Abd Malik ketua PD Muhammadiyah, H Didik Tondo Susilo ketua DPD LDII, Pdt Paulus Hery Susanto ketua BAMAG, Juwadi ketua PHDI, Upasaka Pandita Subiyanto YAP (tokoh WALUBI) dan Jiauseng Jenny Sudjiono (tokoh MATAKIN).

(jo/jif/mar/JPR)

 TOP