alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Korean Garlic Bread, Kue yang Terinspirasi dari K-Pop

21 September 2020, 07: 01: 43 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kue Korean Garlic Bread buatan Maseta Rahma.

Kue Korean Garlic Bread buatan Maseta Rahma. (WENNY ROSLAINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Pandemi Covid-19 justru membawa berkah tersendiri bagi Maseta Rahma. Sebab gara-gara di rumah, ia malah bisa berkreasi di dapur dengan membuat roti yang sedang viral, yaitu Korean Garlic Bread. Roti itupun laris manis terjual.

“Memang awalnya mengisi waktu luang saja, bikin untuk dikonsumsi sendiri, tapi karena banyak peminat, jadi sekarang open order,” ungkap Maseta, mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi Unair yang sedang merampungkan skripsi ini.

Hobi yang kini menghasilkan uang itu berawal dari kecintaannya pada segala sesuatu tentang Korea. Mulai dari lagu (K-Pop), drama korea, bahkan youtuber juga menjadi tontonannya setiap hari. “Saat melihat salah satu youtuber bikin Korean Garlic Bread ini, lalu saya penasaran, kok lucu kepingin nyoba,” awalnya bercerita.

Begitu ada pandemi ia pun harus pulang. Di rumah, sang ibu memiliki peralatan memasak cukup lengkap untuk membuat roti itu. Ia kemudian mencoba praktik. Bahkan ia mengaku, praktik membuat korean garlic bread dilakukan sebelum menjadi viral di Indonesia.

“Saya bikin sebelum alumni master chef bikin, cuma waktu itu memang belum booming di Indonesia,” ungkapnya. Setelah matang, roti yang dibuatnya sendiri itu dikonsumsi keluarga, dan beberapa teman yang datang ke rumahnya. Berbekal rasanya yang enak, apalagi mulai banyak dibuat di Indonesia, ia kemudian mencoba untuk menjual.

“Ya atas rekomendasi teman-teman dan keluarga, karena rasanya enak akhirnya saya jual, tapi belum ada offline store, baru pre order online,” jelas dia. Meski masih baru, namun peminat Korean Garlic Bread buatan Maseta cukup banyak. Dalam sehari, ia pernah membuat 80 roti dari pesanan sekitar Jombang. “Kalau ke Surabaya, baru saya bisa melayani pesanan teman-teman di Surabaya,” imbuhnya.

Korean Garlic Bread memang booming di Indonesia sejak Juni lalu. Termasuk di Jombang. Beberapa toko roti juga sudah membuat. Roti dengan rasa bawang dan gurih ini enak dimakan dalam keadaan hangat. Ada dua varian rasa, yaitu original dan salted. “Yang asli dari korea itu original, hanya rasa gurih, sedangkan salted ada sedikit asin, tapi di Jombang peminat original dan salted sama banyak,” ungkapnya.

Ia menyebut, cara membuat roti ini butuh modal telaten. Sebab, prosesnya sedikit rumit. Mulai dari membuat roti utama. Kemudian membuat isian dan saus. Bahan juga tidak semua ada di Jombang. “Saya beli keju kalau gak Surabaya ya Kediri, karena di Jombang sulit,” beber.

Yang membuat Korean Garlic Bread buatan Maseta berbeda, adalah kejunya. Ia menggunakan krim keju, sedangkan yang lain biasanya menggunakan keju biasa. “Kalau di Korea buatnya pakai krim keju, bukan keju biasa, sehingga rasanya lebih lembut. Roti juga lebih lembut,” tambah anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Sedangkan untuk isi, ia gunakan campuran butter, bawang putih yang dihaluskan, garam, pater silis, telur, krim keju, gula halus, whipping cream, dan kaldu jamur.

Selain Korean Garlic Bread, ia juga membuat menu kekinian lain, seperti red velvet, oreo cheese cake, lasagna, cinnamon roll, pancake, dan prol tape. “Saya juga masih banyak menu lain, tapi masih baru coba dikonsumsi sendiri. Masih belum open order,”  pungkasnya.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP