alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Disetujui Pemprov, Pilkades di Jombang Tahun Ini Dijatah Rp 500 Juta

16 September 2020, 15: 01: 06 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: sidang paripurna

ILUSTRASI: sidang paripurna (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Pemkab Jombang dipastikan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak akhir tahun ini. Sebab, anggaran pilkades yang disiapkan Rp 500 juta melalui Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2020, telah disetujui Pemprov Jawa Timur. 

”Untuk hasil evaluasi P-APBD dari pemprov sudah turun kemarin,” ujar M Muhaimin Ketua Bapemperda DPRD Jombang kemarin.

Menurutnya, tidak banyak revisi dalam P-APBD Tahun 2020 itu. Bahkan, anggaran untuk pelaksanaan pilkades serentak juga tidak direvisi.

”Jadi anggaran pilkades tetap sehingga dipastikan digelar akhir tahun ini,” katanya. Untuk anggaran pilkades ini Pemkab Jombang menyiapkan kurang lebih Rp 500 juta.

Alokasi tersebut digunakan untuk pelaksanaan pilkades di sembilan desa. ”Anggaran pilkades juga tidak dikurangi pada saat evaluasi,” bebernya.

Mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat karena tinggal dua bulan lagi, dirinya berharap dinas terkait bisa bekerja lebih maksimal. Sehingga pelaksanaan pilkades akan berjalan  lancar tanpa ada halangan pemahaman di tengah masyarakat.

”Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) harus bekerja lebih keras. Mengingat waktunya yang sedikit,” tegas anggota Komisi A DPRD Jombang ini.

Sementara itu, Sekda Achmad Jazuli menambahkan, tahapan pelaksanaan pilakdes terus berjalan. Mulai dari sosialisasi perbup pelaksanaan pilakdes dan membentuk kepanitiaan di tingkat desa.

”Tanggal pelaksanaan pilakdes sudah ditentukan 16 Desember 2020,” beber dia.

Lebih jauh ia mengungkapkan, anggaran pilkades juga sudah ditetapkan dan tidak ada revisi dari Pemprov Jawa Timur. ”Kemarin hasil evaluasi untuk P-APBD pilkades sudah selesai, tidak termasuk revisi,” pungkas Jazuli.

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP