alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

SMAN 2 Jombang Terus Matangkan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

16 September 2020, 12: 15: 22 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

PERIKSA KONDISI: Gugus Tugas Covid-19 SMAN 2 Jombang memeriksa suhu badan setiap siswa yang masuk.

PERIKSA KONDISI: Gugus Tugas Covid-19 SMAN 2 Jombang memeriksa suhu badan setiap siswa yang masuk. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Sebagai sekolah unggulan di Kabupaten Jombang, SMAN 2 Jombang berupaya maksimal menyiapkan skema maupun sarana prasarana pembelajaran tatap muka terbatas. Ini dilakukan agar aman dan bebas dari Covid-19.

Kepala SMAN 2 Jombang Budiono menyampaikan, pihaknya sudah melakukan persiapan matang sebelum memulai pembelajaran tatap muka terbatas.

”Yang paling utama kami siapkan skema pembelajaran. Kami sudah menyiapkan tiga tahapan uji coba pembelajaran tatap muka,” ujar dia.

STERIL: Bilik penyemprotan disifektan yang dimilki SMAN 2 Jombang.

STERIL: Bilik penyemprotan disifektan yang dimilki SMAN 2 Jombang. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Tahap pertama, dimulai Senin (21/9) dengan melibatkan sebanyak 25 persen jumlah siswa dari satu angkatan. ”Ditahap ini nantinya, siswa hanya masuk tiga minggu sekali,” tambahnya. Tahap kedua dimulai Senin (12/10), melibatkan 25 persen siswa dari satu angkatan dengan skema pembagian shif.

”Ada dua kelompok yang nanti mengikuti kegiatan pembelajaran yakni shif pagi dan shif siang. Pada tahap ini, siswa masuk satu minggu sekali,” terangnya.

Tahap ketiga, dengan skema siswa 50 persen dari jumlah kelas. Namun kondisi ini dapat berubah sewaktu-waktu dengan memperhatikan perkembangan Covid-19 dan persetujuan dari Cabdisdik Jatim Wilayah Kabupaten Jombang.

”Meski kami berupaya maksimal mempersiapkan pembelajaran tatap muka, namun pembelajaran daring tetap kami jalankan secara maksimal,” tandasnya.

Dari segi kesiapan sarana dan prasana, SMAN 2 Jombang tak perlu diragukan. Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, pihaknya sudah menyiapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan.

Di antaranya bilik disinfektan yang dipasang di depan gerbang sekolah. Tempat cuci tangan di segala penjuru, tempat parkir berjarak, tanda physical distancing di jalur kelas, hingga tempat duduk berjarak yang berjumlah 9 bangku setiap kelas. ”Bahkan untuk siswa dan guru kami fasilitasi face shield,” papar dia.

Setiap ruang kelas juga dipasang CCTV (closed circuit television) dan speaker. Tujuannya untuk memantau anak-anak agar tidak berkerumun atau diskusi di dalam kelas.

”Selain itu, kami juga membentuk gugus tugas sekolah untuk memantau siswa selama berada di lingkungan sekolah. Jika anak yang sakit, nanti akan dijemput petugas ber-APD dan langsung dibawa ke UKS,” jelas dia.

Usai dipakai kegiatan tatap muka, setiap kelas akan disterilkan dengan penyemprotan disinfektan. Rencananya dilakukan setiap hari, sepulang sekolah. ”Itu kami lakukan agar ruangan tetap steril dan bebas dari potensi sebaran Covid-19,” pungkasnya.

238 Siswa Diterima Perguruan Tinggi Ternama

SEBAGAI sekolah rujukan di Kabupaten Jombang, SMAN 2 Jombang banyak mencetak lulusan unggulan. Terbukti sebanyak 238 lulusan tahun pelajaran 2019/2020 diterima perguruan tinggi ternama baik negeri maupun swasta.

Lima siswa di antaranya berhasil diterima Universitas Indonesia dengan jalur SNMPTN dan SIMAK UI.

Kepala SMAN 2 Jombang Budiono mengatakan, dari total 320 siswa kelas XII, sebanyak 238 siswa lulusan berhasil masuk PTN dan PTS ternama.

Selain Universitas Indonesia, juga ada Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Univeristas Jember, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Surabaya, dan beberapa perguruan tinggi lain.

”Ada 238 lulusan kami yang berhasil diterima 40 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta,” tambahnya. Yang membanggakan lagi, selama tahun pelajaran 2019/2020 ada sejumlah prestasi bergengsi yang berhasil diraih siswa SMAN 2 Jombang.

Dalam bidang akademik, SMAN 2 Jombang juara 3 OSN Geografi 2020 tingkat nasional. Lalu juara 2 dan 3 karya tulis ilmiah 2020 tingkat provinsi yang digelar Imsco FK Unisma, dan nominasi peserta Kompetisi Sains Nasional 2020 mata pelajaran Geografi dan Kebumian.

Beberapa prestasi dalam bidang non akademik seperti juara 1 Komik Digital FLS2N 2020, juara 2 Tari Kreasi FLS2N 2020, juara 2 Monolog FLS2N 2020, juara 1 dan 2 Pidato Tingkat Nasional oleh IMSCO FK UNISMA 2020.

Prestasi lain adalah juara 1 dan 2 Poster Publik Tingkat Nasional IMSCO FK UNISMA 2020, juara 1 dan 2 Video Edukasi Tingkat Nasional oleh IMSCO FK UNISMA 2020, juara 1 Festival Nasyid Tingkat Nasional dalam Gebyar Seni Religi Airlangga 2019, juara 2 Nasyid Acapella dalam Gebyar Brawijaya Qur’ani VI 2019, juara harapan 1 Lomba Seni Nasyid Tingkat Nasional oleh Dirjen PI Kemenag RI 2019.

Ada juga juara 1 Lomba Nasyid tingkat nasional oleh DAI BEM FKM Unair tahun 2019, juara 3 Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja PAI Tingkat Nasional oleh Dirjen PI Kemenag RI tahun 2019, juara Harapan 3 Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami Tingkat Nasional oleh Dirjen PI Kemenag RI tahun 2019, juara terbaik 1 Lomba Cerita Remaja Islami Kemenag se-Jawa Timur tahun 2019, juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Alqur’an Tingkat Nasional tahun 2019.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP