alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Jatah Berkurang, Petani Jombang Dibayangi Kelangkaan Pupuk Subsidi

14 September 2020, 14: 40: 38 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: pupuk subsidi

ILUSTRASI: pupuk subsidi (AZMY ENDIYANA Z/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Nasib petani di Jombang kian memprihatinkan. Selain dipusingkan hama tanaman, jatah pupuk ke petani juga dikurangi. Diprediksi Jombang akan mengalami kelangkaan pupuk subsidi.

Priadi Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Jombang mengatakan, tahun ini jatah pupuk subsidi untuk petani Jombang ada pengurangan. Tak tanggung-tanggung, prosentase penurunannya mencapai sekitar 22 persen dibandingkan 2019 lalu.

Dia menambahkan, pada 2019, Jombang mendapat jatah sebanyak 102.305 ton. Sedangkan tahun ini, lanjut jatah pupuk subsidi berkurang.

“Tahun ini jatah pupuk Urea, ZA atau jenis pupuk subsidi lainnya, Jombang hanya mendapat 80.695 ton,” terang Priadi.

Tentang hal ini, pihaknya pun sudah melakukan perhitungan dampak ke tingkat petani. Hasilnya diprediksi, Desember akan terjadi kelangkaan pupuk subsidi.

“Jadi setelah kita analisa selama empat tahun terakhir, kita akan kehabisan pupuk pada minggu pertama bulan Desember,” katanya.

Pria yang sebelumnya menjabat sekretaris Dinas Pendidikan (sekarang Dinas P dan K) ini menambahkan, terhitung Agustus hingga Desember, petani Jombang membutuhkan sebanyak sekitar 45 ribu ton.

Akan tetapi, stok pupuk subsidi di Kabupaten Jombang hanya mencapai sekitar 36 ribu ton saja. “Sehingga pada tahun ini kurang sekitar 8 ribu ton lebih untuk mencukupinya,” katanya.

Sebagai langkah, pihaknya sudah mengajukan penambahan pupuk subsidi tahun ini ke Kementerian Pertanian (Kementan). Ia berharap ada penambahan jatah pupuk subsidi untuk petani di Jombang.

Apabila tidak ada tambahan, apa yang dikhawatirkan, terjadi kelangkaan pupuk benar terjadi. “Kemarin ada rapat terkait pupuk. Kami sudah mengajukan, harapannya memang ada tambahan,” pungkas Priadi.

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP