alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Ekskavasi Lanjutan di Situs Sumberbeji Direncanakan Oktober Tahun Ini

13 September 2020, 10: 36: 12 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Situs Sumberbeji

Situs Sumberbeji (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Rencana Balai Pelestarian Cagar budaya (BPCB) Jawa Timur mengusahakan ekskavasi lanjutan penemuan situs Petirtaan Sumberbeji kian serius. Setidaknya kegiatan tim BPCB kemarin meninjau lokasi situs yang di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro.

Pantauan di lokasi, tim dari BPCB datang sekitar pukul 11.00 WIB. Saat tim datang, kondisi kolam petirtaan sedang dikuras. Selain melihat bagian tengah kolam, petugas yang hadir juga mengecek kondisi saluran pembuangan.

Terlihat beberapa petugas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Jombang juga serta perangkat desa juga ikut dalam proses ini.

”Kita ini tadi mencoba cek lokasi, bagaimana kondisi terakhir ekskavasi kemarin,” terang Kepala BPCB Trowulan Zakaria Kasimin.

Pihaknya menyebut, dari pengecekan itu ada beberapa langkah yang akan dilakukan berkaitan dengan rencana ekskavasi lanjutan.

Menurut Zakaria, permasalahan utama pada ekskavasi itu adalah pasokan air yang besar hingga tak terkendali namun tak diimbangi saluran keluar yang baik. Bahkan, kondisi ini membuat situs ini seringkali terendam penuh.

”Kita coba ini tadi tiga jam disedot airnya juga belum kering. Padahal buat kami, harusnya air ini kan diatur, supaya bagaimana tidak merendam situs ini secara keseluruhan, jadi ini nanti juga jadi salah satu fokus pengerjaan mungkin,” tambahnya.

Zakaria, menyebut kegiatan yang direncanakan Oktober nanti, akan dilakukan sebulan penuh. ”Anggaran yang tersedia dari Dinas Budpar Provinsi kemarin Rp 200 juta, jadi kita berharap nanti awal Oktober sudah mulai, sehingga di akhir bulan sudah bisa rampung,” pungkasnya.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia