alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

UTD PMI Jombang Raih Sertifikat ISO Quality Management System

10 September 2020, 08: 50: 55 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Wabup Sumrambah menyerahkan Sertifikat ke Ketua PMI Jombang Soeharto

Wabup Sumrambah menyerahkan Sertifikat ke Ketua PMI Jombang Soeharto (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia ((UTD PMI) Jombang, kemarin menerima sertifikat ISO 9001:2015 Quality Management System dari dari Equal Assurance. Setifikat ini sebagai bukti sistem operasional UTD PMI Jombang sudah telah memenuhi standar pelayanan.

”Jika ini sudah menjadi standar, maka diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik untuk menjaga kepuasan pelanggan dan masyarakat,” ungkap Soeharto, Ketua PMI Jombang (9/9) kemarin.

Acara penyerahan sertifikat dihadiri Wakil Bupati Jombang Sumrambah, tim Aqual Assurance, tim Geo Anfield, pengurus PMI Jombang, staf markas dan Kepala UTD PMI Jombang, serta dewan kehormatan PMI Jombang.

Soeharto berharap, prestasi UTD PMI Jombang tidak berhenti sampai di sini. ”Ini baru permulaan. Saya harap pelayanan yang sudah bagus dipertahankan atau ditingkatkan, masih banyak capaian-capaian yang lain,” tambahnya.

Sertifikat ini diraih setelah pendampingan yang dilakukan Equal Assurance selama satu tahun, sejak Februari 2019 hingga Februari 2020. Sebetulnya, sertifikat ini didapatkan sudah lama, setelah pendampingan usai. Hanya saja, adanya pandemi Covid-19 menjadi kendala penyerahan sertifikat. ”Dan baru bisa dilakukan hari ini (kemarin, Red) sebetulnya sudah selesai sejak Februari,” ungkap  Suparyanto, Kepala UTD PMI Jombang.

Dia menambahkan, jika sertifikat ISO di bidang pelayanan dan manajemen hanyalah bukti formal. ”Kepuasan masyarakat atas pelayanan PMI Jombang merupakan bukti sesungguhnya jika PMI Jombang memiliki kualitas yang baik,” tandasnya.

Selama masa pandemi, UTD PMI Jombang kekurangan pasokan darah. Namun Suparyanto menegaskan, jika darah yang ada di UTD PMI sudah melalui masa screening tepat. Jika terdapat penyakit dalam darah tersebut, maka darah akan dibuang. ”Masyarakat yang mau donor juga jangan takut, karena pelayanan kita sudah standar protokol Covid-19,” tandasnya.

Selama pandemi, UTD PMI Jombang juga melakukan banyak hal untuk Kabupaten Jombang. Di antaranya berperan aktif dalam pemantauan arus mudik selama kurang lebih dua bulan. Selain itu PMI Jombang juga aktif mendukung program Pemkab Jombang menanggulangi wabah Covid-19. ”Kita juga buat kegiatan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat di Jombang,” tandasnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Jombang Sumrambah menegaskan, komitmen Pemkab Jombang siap memberi dukungan UTD PMI Jombang. Pemkab juga siap memfasilitasi PMI untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat Jombang.

”Saya harap dengan mendapatkan sertifikat ISO ini, pelayanan PMI Jombang semakin baik, kita akan beri dukungan karena tugas PMI sangat mulia. Saya juga berharap masyarakat aktif mendonorkan darahnya untuk membantu sesama. Donor merupakan ketukan nurani, mudah-mudahan semua aktif mendonorkan darahnya,” pungkas Wabup Sumrambah.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP