alexametrics
Senin, 21 Sep 2020
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Mengenal KH Cholil Dahlan, Ketua MUI Jombang

08 September 2020, 18: 50: 24 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

KH Cholil Dahlan

KH Cholil Dahlan (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - KH Cholil Dahlan, nama tokoh satu ini tak asing di telinga warga Jombang. Ia adalah Ketua MUI Jombang, sekaligus Ketua Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Peterongan Jombang.

Sejak muda, dia sangat suka bergabung di sejumlah organisasi, mulai Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU). Kiai Cholil lahir di Jombang, 6 Maret 1953. Merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan KH Dahlal Cholil dan Nyai Hj Sholicah.

Masa kecilnya dihabiskan dengan belajar ilmu agama di pondok pesantren. Mulai tingkat madrasah ibtidaiyah, hingga madrasah aliyah. Setelah lulus aliyah 1969, kiai Cholil keluar Jombang untuk menempuh pendidikan S1 di IAIN Sunan Ampel Surabaya Fakultas Adab. Dia kuliah selama hampir lima tahun sampai 1975.

Semasa kuliah, dia juga bergabung di beberapa organisasi. ”Menurut saya, bergabung dalam organisasi sangat penting, selain bisa mempererat tali persaudaraan, juga bermanfaat ketika kita pulang ke rumah atau ketika kita terjun di masyarakat,” ujar dia.

Setalah lulus IAIN, dia memilih pulang kampung untuk mengikuti beberapa kursus pendek baik Bahasa Arab, Inggris maupun kajian kitab. Selama masa itu pula, dia sering mengikuti kegiatan ngaji di beberapa daerah.

Misalnya di Pondok Tretek Pare Kediri, lalu ngaji kitab Riyadus Solihin oleh KH Ali Maksum di Pondok Krapyak Jogjakarta maupun ngaji Kitab Fikam oleh Kiai Usman di Pondok Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta’alimin di Surabaya Utara. Dia merasa bangga kala bisa bertemu dengan banyak kiai sepuh.

Saat bersamaan, dia juga diminta mengurus dan mengelola PPDU. Bahkan kiai Cholil diberi amanah menjadi sekretaris majelis pimpinan pondok, hingga akhirnya dipercaya sebagai ketua majelis pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) hingga sekarang. ”Karena saudara-saudara menilai saya yang paling tua, dan lebih senior diantara yang lain,” sambungnya.

Selain sibuk mengelola dan mengurus pondok, dia juga aktif di beberapa organisasi keislaman di Jombang. Salah satunya menjadi ketua 1 PCNU Jombang sekitar 90-an. ”Pernah juga diminta menjadi anggota dan ketua Dewan Pendidikan Jombang tahun 2000-an,” jelas dia.

Lebih dari itu, kiai Cholil juga aktif di lembaga ikatan thoriqoh qodiriyah wa naqsabandiyah. Yakni, lembaga yang didirikan para sesepuh PPDU untuk mengorganisir orang kategori ahli dzikir dan kelompok tarikat. ”Saya disitu sebagai penasehat, yang fungsinya memberikan pencerahan terhadap ilmu tasawuf dan tarikat,” pungkasnya.

Sering Diminta Saran

KH Cholil Dahlan lebih akrab dikenal sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jombang. Itu karena dirinya sering diminta memberi masukan dan saran dalam beberapa kesempatan.

Baik hal yang berkaitan dengan pemerintahan, politik, atau kebijakan kebiajakan yang berlaku di Jombang.

”Saya sebenarnya sudah aktif di MUI sebelum 2008,” ujarnya. Namun, kiai Cholil baru dikenal masyarakat luas semenjak dirinya mengemban amanah sebagai ketum MUI Jombang 2008. ”Sebelum menjadi ketua MUI saya menjadi ketua 2 di MUI,” sambungnya. 

Tugas dan peran MUI, sebagai lembaga maupun tempat bagi para ulama dan zu’ama (pemimpin negara) dan para cendekiawan untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin.

”Jadi tugas kita sebagai pengkoordinir, bukan mengeluarkan kebijakan, sehingga bila terjadi hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam maka mereka semua akan dikumpulkan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tandasnya.

Kiai Cholil sendiri menikah dengan Nyai Hj Ani Satusadiyah, asli Pamekasan, 1 Oktober 1983 silam. Dari pernikahannya, ia dikaruniai empat anak perempuan yang seluruhnya diberi nama tengah yang sama, Ruhul. ”Alhamdulilah semua anak anak saya sudah berkeluarga,” pungkasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia